Polda Metro Jaya Imbau Pemudik Balik Lebih Awal Sebelum 6 Sampai 8 Mei 2022

Polda Metro Jaya Imbau Pemudik Balik Lebih Awal Sebelum 6 Sampai 8 Mei 2022

JAKARTA, FIN.CO.ID- Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat ketika arus balik mudik dapat kembali ke Jakarta lebih awal

Pemudik diharapkan bisa balik ke Jakarta lebih awal, untuk mencegah terjadinya kepadatan volume kendaraan. Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 6 sampai 8 mei 2022.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh kepala Korlantas Porli Irjen Pol Firman Shantyabudi.

"Saya berharap masyarakat yang sudah Lebaran, sudah minta maaf. Cepat saja pulang lagi, kan berangkatnya awal kemarin. Supaya jangan banyak di tanggal 6, 7, 8 (Mei)," ungkap Firman sebagaimana dikutip FIN dari PMJ pada Senin, 2 Mei 2022.

Firman menegaskan permintaan kembali pemudik lebih awal hanya sebatas imbauan. Masyarakat bisa memilih untuk pulang ke Jakarta pada puncak arus balik mudik.

(BACA JUGA:Jokowi Minta Pemudik Balik Lebih Awal dari Kampung Halaman, Jangan Semua Arus Baliknya Sabtu dan Minggu )

(BACA JUGA:Pelabuhan Merak Alami Antrian Panjang, Begini Respon Presiden Jokowi)

"Mungkin bisa dipertimbangkan setelah melakukan silaturahmi dengan keluarga bisa dimanfaatkan waktu juga untuk pulang lebih awal. Kalau kita menggantungkan nanti pada tanggal 6, 7, dan 8, itu juga akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," tuturnya.

"Kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti, bisa menggunakan pulang setelah tanggal 9, sekali lagi untuk kenyamanan kita semua," imbuhnya.

Lebih lanjut, Firman menerangkan pihaknya akan mengkaji rencana rekayasa arus lalu lintas one way diperpanjang hingga 30 Km dari Bawen, Jawa Tengah.

"Untuk balik nanti kita kan merencanakan akan melepas one way dari Kalikangkung. Jawa Tengah mengusulkan dari Bawen. Jadi ditarik lagi 30 km Jadi ditarik lagi 30 Km ke sana untuk menambah percepatan menuju sini. Itu kita nanti akan hadapi lagi untuk arus balik," ucapnya.

(BACA JUGA:Anggota TGUPP Bantah Kang Dede Sebut Anies Baswedan Jual 'Politik Identitas: Sholat Id di JIS Kenapa Dikritik?)

Diketahui, Presiden Jokowi juga mengimbau agar masyarakat bisa melakukan perjalanan balik lebih awal.

“Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," imbau Jokowi, Senin, 2 Mei 2022. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: