Pakar Bagikan Tips Sehat Pemudik saat Tiba di Kampung Halaman, Disarankan...

Pakar Bagikan Tips Sehat Pemudik saat Tiba di Kampung Halaman, Disarankan...

Volume pemudik di Kota Bekasi terpantau naik 100% pada 29 April 2022.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Tjandra Yoga Aditama membagikan tips sehat bagi para pemudik saat tiba di kampung halaman hingga merayakan hari raya Idulfitri nanti.

Pertama, para pemudik yang baru tiba di kampung halaman terutama sesudah berjam-jam perjalanan, disarankan beristirahat dulu sebelum melakukan kegiatan lain di kampung halaman.

"Jangan begitu tiba langsung jalan-jalan, kan akan masih ada beberapa hari di kampung halaman, istirahat agar segar dulu dan baru beraktivitas," kata dia melalui pesan singkat, Sabtu, 30 April 2022.

(BACA JUGA:Pemerintah Gratiskan Vaksin Kanker Serviks, Wanita yang Pernah Berhubungan Badan Wajib Penuhi 2 Syarat Ini)

Tjandra mengingatkan, walaupun sebagian orang sudah dua tahun tidak mudik, tetaplah melakukan aktivitas dengan seimbang sehingga tidak melakukan kegiatan yang membuat lelah berlebihan. 

Selain itu, perhatikan waktu tidur agar tetap terjaga baik dan hindari bergadang berkepanjangan karena sudah lama tidak ketemu teman dan kerabat.

Selanjutnya, mereka yang mempunyai penyakit tertentu dan harus mengonsumsi obat rutin maka ingatlah jadwal minum obat sesuai aturan dokter. 

(BACA JUGA:Cara Kurangi Risiko Gigi Berlubang Selama Puasa Ramadan)

Di sisi lain, bila selama di kampung halaman mengalami keluhan kesehatan maka segeralah berkonsultasi ke petugas kesehatan terdekat.

"Ingat, para pemudik akan menjalani arus balik yang bukan tidak mungkin akan padat dan melelahkan pula, yang membutuhkan fisik yang baik," kata Tjandra.

Saat Lebaran tiba, masyarakat perlu tetap menggunakan masker saat melaksanakan salat Idulfitri.

(BACA JUGA:Dokter Sarankan Lansia Jangan Terlalu Sering Mandi, Kenapa Ya?)

"Salat memang baik kalau dilakukan di lapangan terbuka dan kalau di dalam masjid akan baik kalau jendela dan pintu dibuka lebar-lebar agar ventilasi terjaga baik," ujar Tjandra.

Tips sehat berikutnya yakni tidak menjadikan hari Lebaran dan hari-hari sesudahnya sebagai ajang balas dendam setelah sebulan berpuasa. Tjandra mengingatkan masyarakat tidak makan berlebihan karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Sumber: