Pemudik Protes Keras, One Way di Tol Tak Perhatikan Arah Sebaliknya

Pemudik Protes Keras, One Way di Tol Tak Perhatikan Arah Sebaliknya

Pemudik di Terminal Kampung Rambutan. -Sugiharto Purnama-Antara

JAKARTA, FIN.CO.ID - Para pemudik protes dengan kebijakan rekayasan lalu lintas dengan menerapkan sistem one way atau satu arah.

Sebab kebijakan tersebut tak memikirkan arah sebaliknya. Akibatnya banyak pemudik yang terlantas di terminal karena bus yang akan ditumpangi tak kunjung tiba.

Sejumlah pemudik dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, meminta pemerintah untuk memperhatikan kelancaran arus lalu lintas ke arah Jakarta.

 (BACA JUGA:Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2022, Kapolri: One Way-Ganjil Genap Terus Dievaluasi)

Rekayasa lalu lintas satu arah dari kilometer 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga kilometer 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang berdampak terhadap perjalanan bus yang berasal dari Jawa bagian timur menuju Jakarta.

Berdasarkan pantauan, Jumat, 29 April 2022 petang, calon penumpang bus kian menumpuk di Terminal Kampung Rambutan. 

Ada penumpang yang rela menunggu meski sudah berjam-jam di terminal, ada pula yang memilih menginap di hotel dan melakukan perjalanan esok hari.

(BACA JUGA:Bus Terjebak One Way, Ratusan Calon Penumpang Dari Bulak Kapal Bekasi Telat Berangkat)

Calon penumpang tujuan Malang, Jawa Timur, bernama Faqih mengatakan jadwal bus yang akan ditumpangi seharusnya berangkat pukul 14.00 WIB, namun akibat rekayasa lalu lintas itu menyebabkan busnya datang terlambat.

"Jadwalnya jam 14.00 WIB, tapi sampai sekarang busnya belum datang juga," kata Faqih di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

Sementara itu, calon penumpang lainnya tujuan Surabaya, Jawa Timur, bernama Arief memutuskan untuk menginap di hotel terdekat karena bus yang akan dia tumpangi masih terjebak macet di Semarang, Jawa Tengah.

Arief mengatakan jadwal bus seharusnya berangkat pukul 13.00 WIB. Ia mengaku telah menghubungi perusahaan otobus untuk menanyakan kepastian keberangkatan karena busnya diperkirakan tiba di Terminal Kampung Rambutan pukul 23.00 WIB.

"Bus tiba nanti malam dan akan jalan besok pagi, jadi kami memilih menginap semalam di hotel," kata Arief yang melakukan perjalanan mudik bersama isteri dan anaknya yang masih berusia sembilan bulan.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan perusahaan otobus (PO) untuk menyiapkan bus cadangan guna mengurai penumpukan penumpang di terminal. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: