Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2022, Kapolri: One Way-Ganjil Genap Terus Dievaluasi

Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2022, Kapolri: One Way-Ganjil Genap Terus Dievaluasi

Arus mudik di Tol Palikanci, Cirebon. Foto: Andri Wiguna/Radar Cirebon.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya terus mengevaluasi penerapan rekayasa lalu lintas seperti sistem satu arah (one way) dan ganjil genap, di ruas jalan tol dalam rangka mencegah kemacetan arus mudik Lebaran 2022.

"Upaya rekayasa kami terus evaluasi, sehingga kami bisa urai kemacetan dengan baik," kata Listyo Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, 29 April 2022.

Korlantas Polri menerapkan rekayasa lalu lintas berupa one way dan ganjil genap sejak Kamis, 28 April 2022, mulai dari KM 47 Tol Cikampek sampai dengan KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

(BACA JUGA:Ratusan Penumpang Terlantar di Terminal Bekasi, Imbas Bus Terlambat Datang Akibat Terjebak One Way)

Listyo Sigit memantau langsung penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol pada puncak arus mudik, Kamis malam. Dari hasil pemantauan tersebut, dia menyebutkan terjadi peningkatan jumlah kendaraan, sehingga beberapa upaya rekayasa lalu lintas diberlakukan mulai dari confraflow hingga one way.

"Tadi malam kami lakukan kegiatan one way yang sebelumnya diawali contraflow. One way dilaksanakan mulai jam 17.00 sampai 24.00 WIB. Namun, karena memang padat, maka one way kami tarik sampai menjelang sahur. Ini untuk mengurangi beban," jelasnya.

Skema contraflow mulai diberlakukan dari KM 47 Tol Cikampek, sementara sistem one way diberlakukan mulai dari KM 60 sampai KM 414 Kalikangkung.

(BACA JUGA:Pemudik Wajib Baca, Rekayasa Arus Mudik, Ganjil Genap, Contra Flow dan One Way Dimulai Pukul 17.00-24.00 WIB)

"Ini dilakukan supaya arus dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat ke DKI Jakarta menuju ke wilayah Sumatera bisa berjalan," katanya.

Berdasarkan data Jasa Marga, sejak H-10 hingga H-4 Lebaran tercatat 1,1 juta kendaraan meninggalkan area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Jumlah kendaraan tersebut meningkat 14,1 persen dari lalu lintas normal sebelum arus mudik.

Sementara itu, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta karena imbas ganjil genap, Korlantas Polri memberlakukan contraflow​​​​​​ dari KM 47 sampai KM 70 , Jumat, sejak pukul 10.00 WIB.

(BACA JUGA:Berlakukan One Way Cipali Hingga Cawang Antisipasi Puncak Arus Balik Mudik Lebaran)

Selanjutnya, dari KM 70 sampai KM 414 Tol Kalikangkung diberlakukan sistem one way untuk memperlancar kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: