Info Mudik, H-5 Lebaran Kendaraan Melalui Tol Cikampek Naik 89 Persen

Info Mudik, H-5 Lebaran Kendaraan Melalui Tol Cikampek Naik 89 Persen

Ilustrasi - Gerbang Tol Cikampek Utama milik Jasa Marga-Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - H-5 Lebaran 2022 atau Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, jumlah pemudik yang melalui Tol Cikampek mengalami kenaikan.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, ada kenaikan sekitar 89 persen pengguna mobil yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dibanding hari normal.

(BACA JUGA:Wahai Pemudik Sumatera, Sebaiknya Jangan Mampir di Rest Area KM 57, Soalnya...)

"Kami lihat juga paparan Dirlantas, hari ini sudah ada peningkatan jumlah kendaraan. Kurang lebih 89 persen meningkat dibandikan kemarin," kata Gatot. 

"Ini akan terus naik, sehingga kami perlu siapkan pengamanan yang optimal," sambung Gatot Eddy saat meninjau langsung arus mudik di Gerbang Tol Cikarang Utama, Rabu, 27 April 2022.

Menurutnya saat ini pihaknya melalui Ditlantas Polda Metro Jaya (PMJ) telah mempersiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi terjadinya penumpukan yang menyebabkan hambatan di ruas tol akibat lonjakan kendaraan yang melintas. 

Dikarenakan, hampir seluruh pemudik tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menggunakan mobil pasti melalui akses tol Jakarta-Cikampek.

(BACA JUGA:Kasus Minyak Goreng, Naiknya Harga BBM, Penyebab Turunnya Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi-Ma'ruf )

"Upaya-upaya yang dilakukan Polda Metro Jaya bersama-sama dengan stakeholder lainnya untuk mengantisipasi mengurai kemacetan. Karena PMJ utamanya bertugas di Cikampek ini, sampai dengan nanti KM 41 potensi kerawanannya," ungkapnya.

Saat ini PMJ juga telah mendapat instruksi untuk melakukan koordinasi dengan Polda Jawa Barat guna mengantisipasi adanya titik titik ketersendatan di ruas TOL Jakarta Cikampek yang sebagian masuk Provinsi Jawa Barat.

"PMJ tentunya akan berkoordinasi dengan pihak polda lain, di antaranya seperti Polda Jawa Barat dan juga Polda Banten," jelasnya.

Sebelumnya Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjabarkan bahwa saat ini pemudik yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama terdapat kenaikan sebesar 89 persen. 

(BACA JUGA:H-5 Idul Fitri, Mal Dipadati Pengunjung, Kadis Perindag Kota Bekasi: Ramadan Kali Ini Lebih Bebas)

Pada Senin, 25 April 2022 tercatat sebanyak 43 ribu mobil keluar dari Jakarta melintasi GT Cikarang Utama, dan pada Selasa 26 April 2022 angka tersebut semakin melonjak.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: