H-5 Idul Fitri, Mal Dipadati Pengunjung, Kadis Perindag Kota Bekasi: Ramadan Kali Ini Lebih Bebas

H-5 Idul Fitri, Mal Dipadati Pengunjung, Kadis Perindag Kota Bekasi: Ramadan Kali Ini Lebih Bebas

Salah satu mal di Bekasi Barat, Kota Bekasi yang dipadati pengunjung-tuahta simanjuntak-fin.co.id

BEKASI, FIN.CO.ID - Jelang hari raya Idul Fitri, tepatnya H-5 sejumlah pusat perbelanjaan dan mal di Kota Bekasi, Jawa Barat dipadati pengunjung.

Masyarakat memanfaatkan kelonggaran PPKM pada Ramadan tahun 2022 dengan berbelanja kebutuhan lebaran. Meski tak sedikit pula hanya sekadar berjalan-jalan mengisi waktu.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi, Tedi Hafni Tresnadi mengatakan antusiasme warga diduga karena sudah dua tahun tak merasakan meriahnya suasana mal jelang lebaran.

(BACA JUGA:Tingkatkan Laju Ekonomi, Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM Pasarkan Produk ke Luar Negeri)

"Ini tren mau lebaran, mungkin bulan puasa ini mereka lebih merasa terbuka, lebih bebas mu ke mall tapi tentunya kita juga tetap membatasi mereka dengan tetep prokes dan tentunya dapat dikendalikan kondisi di lapangan," ucapnyasaat dihubungi, Rabu 27 April 2022.

Menurut Tedi tren masyarakat kembali berpergian ke mal sudah terjadi sejak awal Ramadan. Namun di pertengahan Ramadan agak menurun. Pengunjung kembali menggeliat pada pekan terakhir Ramadan.

"Kalau kemarin sih sudah naik dari mulai awal puasa sempat turun di minggu terakhir lalu naik lagi di minggu ke empat tapi sekarang sudah cukup menurun karena memang sebagian masyarakat sudah banyak yang mudik," ungkapnya.

(BACA JUGA:Gegara Mudik, Bengkel Motor di Bekasi Buka Sampai Jam 2 Pagi, Mekanik Susah Dapet Libur)

Ia memprediksi kenaikan pengunjung mall di Kota Bekasi bisa mencapai 30 persen, banyak mall yang sebelumnya sepi saat memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran justru ramai dipadati oleh masyarakat.

Dengan adanya hal itu, menunjukan bahwa kondisi perekonomian masyarakat sudah dalam tahap pemulihan. 

Menurutnya hal tersebut juga dapat dilihat dari pendapatan hasil daerah saat ini sudah di atas 25 persen, dengan presentase tersebut sudah melebihi target yang ada.

"Jadi ramai ini jadi salah satu tanda bahwa perekonomian masyarakat bekasi sudah lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, ini satu tanda positif semoga menjadi titik awal kebangkitan ekonomi di Bekasi dan Indonesia," tutupnya

Menurut pantauan langsung fin.co.id di salah satu mal yang berada di wilayah Bekasi Barat, terlihat para pengunjung yang datang semakin sore semakin bertambah untuk berbelanja atau sekedar berjalan jalan sembari menanti berbuka puasa. (Tuahta Simanjuntak)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: