Janji Menhub Gratiskan Jalan Tol Saat Arus Mudik, Jika...

Janji Menhub Gratiskan Jalan Tol Saat Arus Mudik, Jika...

Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) Saat Berkoordinasi dengan Kepolisian Polres Bandara Soekarno-Hatta di Terminal I B.-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjanji akan menggratiskan tarif tol bagi para penggunanya.

Dijelaskannya, tol digratiskan jika terjadi kemacetan lebih dari 1 Kilometer pada saat mudik lebaran 2022.

Terkait hal tersebut yang akan memberi penilaian adalah Satlantas setempat. 

(BACA JUGA: Catat Ya, Uji Coba Ganjil Genap di Tol TransJawa Dimulai Besok)

Menggratiskan tol bagi angkutan darat saat terjadi kemacetan lebih dari 1 KM juga dengan prosedur kepolisian baik Kakorlantas atau pun Kapolres daerah setempat. 

"Polisi lah yang menilai apakah itu layak dilakukan, jadi kalau itu menimbulkan suatu kemacetan yang panjang lebih dari 1 kilo, kita berikan diskresi dan polisi yang menentukan diskresi untuk boleh," terang Budi kepada awak media, Minggu, 24 April 2022. 

Meski begitu, menurut Menhub, wacana tersebut dimaksudkan agar pihak pengelola Tol baik Jasa Marga maupun semua operator tol care (peduli) agar jangan sampai terjadi kemacetan. 

(BACA JUGA:Tol Gratis Mudik Lebaran 2022, Begini Penjelasan Menhub Budi Karya Sumadi)

"Jangan sampe ada kemacetan dengan apa? Dengan menambah orang, by sistem, mengatur jalan dan sebagainya," tuturnya 

Masih menurut Budi, wacana menggratiskan tol saat terjadi macet parah tersebut untuk memberi dampak agar operator tol lebih aware (menyadari). 

"Bisa dengan memberikan anjuran atau menjual kartu-kartu di situ, jadi ini adalah suatu dampak membuat operator itu lebih aware, makasih," tukasnya 

Sebagaimana ramai diberitakan,  pemerintah akan menggratiskan tarif tol apabila terjadi kemacetan lebih dari 1 Kilometer di gerbang tol (GT). 

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kemacetan parah di ruas tol pada arus mudik lebaran 2022. (RIKHI FERDIAN)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: