Sidak Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Ingatkan Petugas: Tetap Sopan dan Ramah Layani Masyarakat

Sidak Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Ingatkan Petugas: Tetap Sopan dan Ramah Layani Masyarakat

Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan sidak di Bandara Soekarno Hatta-dok-Kementerian Perhubungan

JAKARTA, FIN.CO.ID - Inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ke Bandara Soekarnu-Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam sidaK tersebut Menhub meminta agar seluruh petuags yang terlibat untuk tetap sopan dan ramah menghadapi masyarakat.

“Kepada para petugas, lakukan dengan tegas namun tetap sopan, bersahabat, dan melayani dengan ramah. Mari bersama-sama kita wujudkan mudik yang aman dan sehat,” ujarnya, Minggu, 24 April 2022.

(BACA JUGA:Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dipasang, Menhub Berharap Ada Transfer Teknologi)

Dalam kesempatan itu, Menhub memimpin apel gabungan para petugas di Bandara Soekarno Hatta yang terdiri dari berbagai unsur yakni Otoritas Bandara Kemenhub, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI, Polri, dan unsur terkait lainnya.

Dia menjelaskan aspek keselamatan menjadi penting untuk disiapkan. Mulai dari pemeriksaan kelaikan pesawat melalui kegiatan ramp check, maupun pemeriksaan kesehatan awak pesawat.

Selain itu, ketersediaan armada pesawat dan juga pengecekan syarat kesehatan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan juga menjadi perhatian utama.

(BACA JUGA:Kecelakaan Maut, Peraih Emas SEA Games Meninggal dalam Kecelakaan Tol Saat Mudik)

Dia yakin koordinasi dan komunikasi penyelenggaraan mudik tahun ini sangat baik, seperti yang sudah pernah dilakukan saat menangani jamaah penerbangan untuk umroh beberapa waktu lalu.

Selain itu dia juga mengapresiasi masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah mudik lebih awal, guna menghindari kepadatan di masa puncak mudik yang diprediksi terjadi pada 28-30 April 2022 mendatang.

“Sebelumnya pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 400 pergerakan pesawat per hari. Tetapi dua hari ini sudah meningkat menjadi 900 pergerakan per harinya. Okupansinya sudah mendekati 100 persen. Ini berarti anjuran mudik lebih awal sudah dilakukan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan pergerakan penumpang pesawat terus mengalami peningkatan jelang lebaran.

“Pada tahun 2019 per harinya bisa sekitar 1.200 penumpang, sekarang sudah 900 penumpang. Diprediksi menjelang Lebaran, bisa mencapai 1.200 sampai 1.300 penumpang per hari,” ungkapnya.

Ia menambahkan dengan meningkatnya jumlah penumpang, sejumlah maskapai sudah melakukan permintaan untuk mengadakan extra flight.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: