Viral, Luhut Foto Bareng Tersangka Mafia Minyak Goreng Beredar di Medsos

Viral, Luhut Foto Bareng Tersangka Mafia Minyak Goreng Beredar di Medsos

MP Tumanggor (kanan), tersangka kasus dugaan korupsi ekspor minyak kelapa sawit berfoto dengan Menko Marves Luhut Panjaitan. -@OnlyFrens-Twitter

Ia menyebut, Indrasari Wisnu Wardana selaku pejabat di Kemendag telah menerbitkan izin dengan melawan hukum terkait persetujuan ekspor terhadap ketiga perusahaan itu.

Sebelumnya, jaksa penyidik telah mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Prin-17/F.2/Fd.2/04/2022 tanggal 4 April 2022.

Penyelidikan atas kasus tersebut telah bergulir sejak 14 Maret 2022. Sebanyak 14 saksi telah diperiksa, termasuk dokumen pemberian fasilitas ekspor.

(BACA JUGA:Kejagung Tetapkan Dirjen Kemendag Tersangka Mafia Minyak Goreng, Febri Diansyah Sindir Taji KPK)

Terkait kasus tersebut, Ketua Umum FSP (Federasi Serikat Pekerja) BUMN Bersatu Arief Poyuono menduga Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi terlibat kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor Minyak Sawit Mentah (CPO).

Arief Poyuono menyebut tidak mungkin Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Dirjen Daglu) Indrasari Wisnu Wardana berani melanggar peraturan menteri tanpa persetujuan atasannya. 

Hal itu diungkapkan Arief Poyuono melalui akun Twitter miliknya @bumnbersatu.  

Arief Poyuono meminta Kejaksaan Agung memeriksa Mendag terkait kasus yang telah meresahkan jutaan orang tersebut. 

(BACA JUGA:Dirjen Kemendag Tersangka, Arief Poyuono: Jangan-jangan Menteri Perdagangan Terima Rente Ekspor CPO Juga)

"Menteri Perdagangan diduga kuat terlibat. Jangan-jangan Menteri Perdagangan terima rente-rente ekspor CPO itu juga. Saya sangat mendukung langkah Kejaksaan Agung. Saya meminta Kejaksaan Agung periksa Menteri Perdagangan. Selain itu saya meminta Presiden Jokowi pecat Menteri Perdagangan," tegas Arief Poyuono dalam sebuah tayangan video seperti dikutip FIN dari akun Twitter Arief Poyuono @bumnbersatu pada Rabu (20/4/2022). 

Arief Poyuono menilai langkah Kejaksaan Agung menangkap para pemburu rente di Kementerian Perdagangan sudah tepat. 

"Tapi sebenarnya pengusaha itu tidak salah. Kalau prosedurnya dipermudah dan tidak disengaja dipersulit oleh Kementerian Perdagangan untuk melancarkan praktek rente atau praktek fee. Nggak mungkin ikan itu busuk di tengah atau di ekor. Pasti busuk di kepalanya dulu.  Artinya ini Menteri Perdagangan diduga kuat terlibat," imbuhnya. 

Karena itu, Presiden Jokowi harus segera mencopot Muhammad Lutfi. Sebab, kasusnya sudah sangat jelas dan terang benderang. 

(BACA JUGA:Sindir Dirjen Perdagangan Tersangka Kasus Minyak Goreng, Said Didu: Permainan Kemendag Cantik Sekali)

"Pak Jokowi harus segera copot Mendag M. Lutfi sebelum penyidikan Kejaksaan Agung akan mengarah kepada Mendag. Nanti bikin malu Kangmas Jokowi loh," imbuh Arief.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: