Mau Mudik Lebaran? Ridwan Kamil: Ingat Nih! Tanggal 28-29-30 Satu Arah Jalan Tol Semua

Mau Mudik Lebaran? Ridwan Kamil: Ingat Nih! Tanggal 28-29-30 Satu Arah Jalan Tol Semua

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Humas Pemprov Jabar-Twitter

BEKASI, FIN.CO.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan sebanyak 85,5 juta orang mayoritas di Pulau Jawa akan melakukan pergerakan mudik Lebaran 2022. 

Jawa Barat sendiri, ia memprediksi sebanyak 14 juta warganya orang akan melakukan mudik Lebaran.

(BACA JUGA:Ridwan Kamil ke Kalimalang Bekasi, Bilang Jangan Hanya Ramah Terhadap Orang Dewasa Saja)

Saat ditemui di wilayah Kalimalang Bekasi, Ridwan Kamil mengingatkan kepada warga Kota Bekasi bahwa akan diberlakukan satu arah di ruas Tol Cikampek dari Jakarta-Cirebon serta ke wilayah Jawa Tengah.

"Ingat nih tanggal 28-29-30 satu arah (oneway) jalan tol semua, dari Jakarta di satu arahkan ke Cirebon arah ke Jawa Tengah, orang dari Cirebon mau ke Bekasi ngak boleh lewat jalan tol karena harus lewat jalan biasa," ucap Ridwan Kamil, Rabu, 20 April 2022.

Pemberlakuan satu arah tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya penumpukan arus mudik di ruas Tol Cikampek saat cuti bersama Hari Raya Idulfitri nanti.

Selain pemberlakuan satu arah, Ridwan Kamil juga mengimbau kepada warga Bekasi yang akan mudik mengenai adanya pembatasan kapasitas di tempat peristirahatan.

(BACA JUGA:Ridwan Kamil Larang ASN Kota Bekasi Gelar Halal Bihalal)

"Nanti akan dibatasi juga tempat pemberhentian di rest area, yang sudah niat mudik di tanggal itu diharapkan di mobilnya disediakan perbekalan berbagai rupa. Karena kalo berhenti di sana (rest area) hanya 30 menit harus sudah selesai," ungkapnya. 

Guna pemantauan dan pengamanan, ia memastikan sebanyak 400 titik pos polisi yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah di siagakan.

"Jadi kita siaga satu, sudah dua tahun tidak mudik, jadi bayangkan, balas dendam kan, tapi poin saya jangan menyepelakan protokol kesehatan ya, dan pokoknya dihitung betul kalau di jalan susah berhenti sehingga sudah dipersiapkan," jelasnya.

Ridwan Kamil juga menambahkan saat ini pihaknya tengah melakukan pembahasan mengenai penerapan ganjil genap saat mudik Lebaran di wilayah Jawa Barat. 

(BACA JUGA:Ridwan kamil Doakan AHY di Pemilu 2024, Kasih Pesan Khusus Begini... )

Hal ini guna antisipasi adanya penumpukan di satu wilayah jalur utama mudik di Jawa Barat. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: