Mudik Lebaran 2022 Pakai SUV? Begini Tips Angkut Oleh-oleh dari Pakarnya

Mudik Lebaran 2022 Pakai SUV? Begini Tips Angkut Oleh-oleh dari Pakarnya

Salah satu kendaraan yang diproduksi Astra International Tbk, Daihatsu Rocky-Daihatsu-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Para pengguna kendaraan Sport Utlity Vehicle (SUV) yang hendak ingin melakukan kegiatan mudik lebaran 2022, disarankan agar lebih berhati-hati dan tidak ceroboh dalam menaruh barang bawaan termasuk oleh-oleh.

Dikatakan oleh Julian Johan seorang Off-Roader Anthusiast, bahwa dengan menaruh barang yang sesuai dan tidak asal-asalan akan menghasilkan rasa yang nyaman saat dalam perjalanan.

"Yang harus diperhatikan itu adalah management taruh barang, memang terkesan sepele. Karena mobil SUV itu kan tinggi, jadi kalau taruh barang dengan posisi salah dan itu akan pengaruh ke limbungnya mobil atau body roll," ungkap Julian Johan atau yang akrab disapa Jeje saat dihubungi, Sabtu, 16 April 2022.

(BACA JUGA:Jelang Arus Mudik, Fasilitas Pendukung Tol Jakarta-Cikampek Ditingkatkan)

Menurut dia, persiapan selain memperhatikan hal-hal dasar pada saat sebelum menggunakan mobil dengan jarak yang jauh, seperti pengecekan oli, kampas rem, hingga tekanan angin pada ban itu masih terdapat hal-hal yang yang penting jika menggunakan kendaraan bertubuh gambot.

"Kalau di SUV itu ada hal-hal yang harus spesifik, karena SUV itu bodynya lebih tinggi dari mobil lainnya. Jadi, body rollnya cenderung lebih besar dan mobil jadi lebih limbung, apalagi kalau mobil sudah di modifikasi lebih tinggi, suspensi tinggi, pakai ban tinggi jadi body roll itu lebih besar lagi dan lebih limbung lagi," kata dia.

Selain mengecek hal-hal tersebut, para pengguna kendaraan SUV pada saat mudik nanti juga diharap untuk memperhatikan perilaku berkendara mereka karena akan berbeda dengan berkendara dengan hari-hari biasa yang cenderung lebih sedikit dalam hal muatan. 

(BACA JUGA:Begini Strategi Jasa Marga Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2022)

"Perilaku berkendara itu penting juga diperhatikan. Jadi, begitu mobil dalam keadaan muatan penuh itu akan sangat berbahaya terutama lagi pada saat manuver. jadi yang harus perhatikan jika pada saat menggunakan SUV cara bawa saat manuver itu harus lebih kalem lagi untuk menghindari limbung dan melintir atau kejadian fatal lainnya," jelas dia.

Dia juga tidak menyarankan kepada pengguna kendaraan SUV yang di dalamnya dengan muatan penuh, dengan menggunakan gaya dan cara berkendara seperti halnya tidak membawa barang banyak. Akibatnya akan membawa bahaya pada saat perjalanan mudik nanti.

Selain cara berkendara yang baik, yang harus diperhatikan juga adalah titik pengereman yang juga akan sedikit berubah dari hari-hari biasa yang tidak membawa muatan penuh di dalam kabin.

(BACA JUGA:Waspada, Ini 8 Titik Rawan Kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek pada Mudik Lebaran 2022)

"Satu lagi itu, titik pengereman. karena SUV itu mobilnya tergolong berat dengan ban besar dan kalau dalam keadaan muatan penuh itu, remnya itu lebih awal lagi, dan berbeda kayak kita menyetir hari-hari biasa," ucap dia.

"Titik pengereman itu harus lebih dari awal lagi kalau kita menggunakan mobil SUV dengan muatan penuh. Jadi saya harap antisipasi itu hadir dari awal agar lebih aman," tutup dia.

Sumber: