Bukan Toba, Ternyata 'Laut' Kaspia di Perbatasan Asia dan Eropa Adalah Danau Terbesar di Dunia

Bukan Toba, Ternyata 'Laut' Kaspia di Perbatasan Asia dan Eropa Adalah Danau Terbesar di Dunia

Laut Kaspia. FOTO: NASA--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Siapa tak kenal Danau Toba di Sumatera Utara. Danau terluas di Indonesia itu menghubungkan 7 Kabupaten di Sumatera Utara, dengan pusatnya yaitu Pulau Samosir. 

Danau yang luasnya seperti lautan itu dalamnya melebihi 500 meter dan menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Indonesia. 

(BACA JUGA:Presiden Chechnya Ogah Turuti Perintah Putin Untuk Berhenti Perang Karena Prajuritnya Berpuasa)

Meski danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia, namun ternyata Danau Toba bukanlah merupakan danau terluas di Dunia. 

Adalah Laut Kaspia, sebuah danau yang terluas di Dunia dan menjadi perbatasan antara dua benua, yakni benua Asia dengan benua Eropa. 

Jika Danau Toba memiliki luas 1.130 km persegi, maka luas Laut Kaspia jauh lebih tinggi, yakni 371 km persegi. 

Laut Kaspia merupakan danau terluas di dunia dengan luas 371,000 km persegi dan volume rata-rata mencapai 78,200 km kubik. 

(BACA JUGA:Hyundai Creta Jadi Compact SUV Paling Laris Bulan Maret 2022)

Danau "Laut Kaspia" ini merupakan danau yang berciri-ciri seperti laut, yakni berair asin dan sangat luas, serta dikelilingi daratan berpasir seperti halnya pesisir pantai.

Dahulu, saat bangsa Roma sampai di Kaspia, mereka menyangkanya sebagai laut karena airnya yang asin.

Karena itulah danau ini sering disebut laut.

Kaspia dibatasi oleh negara-negara Asia barat serta Eropa seperti Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, Azerbaijan, dan Iran.

(BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wajib Dikunjungi di Singapura )

Daerah di sekitar Laut Kaspia sangat kaya akan energi. Banyak juga ladang minyak yang belakangan ini ditemukan, bukti persediaan gas alam, meskipun eksplorasi masih dibutuhkan untuk menjelaskan potensi sebenarnya. 

Sumber: