Dishub Kota Bekasi Periksa Kelaikan Bus Jelang Mudik Lebaran 2022

Dishub Kota Bekasi Periksa Kelaikan Bus Jelang Mudik Lebaran 2022

Suasana di jalur keberangkatan di terminal bus Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi melakukan pemeriksaan uji kelaikan bus yang akan digunakan untuk angkutan mudik dan arus balik Lebaran 2022. 

Satu persatu kendaraan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) diperiksa kelaikannya, mulai dari fungsi mesin hingga surat-surat kendaraan. Pemeriksaan dilakukan oleh penguji Dishub dan juga jajaran Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

(BACA JUGA:Curhat Pengusaha Bus Tujuan Pulau Sumatera: di SPBU Solar kosong, Tapi di Luar Banyak yang Jual Eceran)

Kabid Pengendalian Operasional Dishub Kota Bekasi, Ikhwanuddin menjelaskan pemeriksaan kendaraan tersebut dilaksanakan guna menyambut mudik lebaran yang sebelumnya ditiadakan selama masa Pandemi Covid-19.

"Memang euforianya luar biasa dari masyarakat, arus mudik akan banyak nih dari Jabodetabek. Untuk kesiapan dari terminal, kita sudah melaksanakan ramp check. Alhamdulillah hampir 92 persen lulus semua atau layak jalan semua," ucap Ikhwanuddin saat ditemui di wartawan di Gedung Terminal Bekasi, Rabu 13 April 2022.

Ikhwanuddin mengatakan, jika ditemukan adanya bus yang tidak layak jalan saat pemeriksaan, maka nantinya bus tersebut akan dikeluarkan dari lingkungan terminal dan wajib untuk diperbaiki sebelum diperbolehkan mengangkut penumpang.

"Yang kita temukan tidak layak nanti akan kita keluarkan dari terminal untuk perbaikan dulu, nanti masuk sudah bisa laik jalan," ungkapnya.

(BACA JUGA:Kapolres Bekasi Kota Gelar Apel Kesiapan Jelang Operasi Ketupat Jaya 2022)

Selain itu, guna menandakan kendaraan bus telah diperiksa dan telah lulus dalam pemeriksaan petugas, nantinya pihak dishub akan memberikan stiker khusus.

"Iya, yang laik jalan ditempeli stiker bahwa bus itu laik jalan, tapi tidak semua kita tes, itu hanya random aja gitu," jelasnya.

Pemeriksaan kelayakan angkutan Bus AKAP di Terminal Kota Bekasi bertujuan untuk memastikan kendaraan aman dalam mengantar pemudik yang akan berangkat dari wilayah Kota Bekasi.

Diharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan tersebut, para pemudik dari Kota Bekasi akan merasa aman dan nyaman saat melakukan mudik lebaran tahun 2022. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: