Cerita Erick Thohir Tolak Tandatangani Pengesahan UU: Saya Gak Mungkin Melemahkan PLN

Cerita Erick Thohir Tolak Tandatangani Pengesahan UU: Saya Gak Mungkin Melemahkan PLN

Menteri BUMN Erick Thohir-dok Kementerian BUMN-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, peta jalan kelistrikan nasional atau roadmap yang disusun pemerintah bersama pemangku kepentingan kelistrikan nasional adalah untuk memperkuat PT PLN (Persero). 

Hal itu dikatakan Erick untuk menjawab tudingan berbagai pihak yang selama ini beranggapan bahwa Kementerian BUMN selama ini berusaha untuk melemahkan PLN. 

(BACA JUGA:Perintah Erick Thohir ke Darmawan Prasodjo: Paparkan Setransparan Mungkin Roadmap PLN ke Serikat Pekerja!)

"Dengan roadmap yang kita sepakati sekarang, justru ini menjaga bagaimana PLN semakin kuat. Tidak mungkin yang namanya saya membentuk holding untuk memperlemah PLN," ujar Erick Thohir di Kantor Pusat PLN, Kamis 7 April 2022 kemarin. 

Erick juga memastikan, pembentukan holding yang melibatkan PLN, bukanlah dalam rangka untuk liberalisasi PLN.

"Dan juga bukan karena holding itu saya mendukung liberalisasi kelistrikan, enggak," tegas Erick Thohir. 

Erick memastikan keberadaan PLN sebagai penyedia listrik di Indonesia, sangat penting dan utama. Sebab tanpa adanya PLN, ia menyebut tidak akan ada Investasi di Indonesia. 

(BACA JUGA:Janji Erick Thohir Kepada Karyawan PLN: Dana Pensiun Dibenahi Agar Tak Dikorupsi Seperti Jiwasraya dan Asabri)

"PLN itu jantungnya perekonomian Indonesia. Tanpa PLN, tidak mungkin ada industri-industri, tidak akan ada pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

Erick bahkan mengungkapkan, ketika ada suatu usulan regulasi yang menurutnya berpotensi mengganggu kinerja PLN, ia menolak untuk menyetujuinya. 

Ia menyampaikan kepada pembuat kebijakan itu tentang alasan dirinya menolak.

"Ketika ada, saya gak mau detil, undang-undang yang harus saya tandatangan, saya baca isinya, saya satu-satunya yang tidak mau tandatangan. Tetapi saya bukan cuma asal gak mau tandatangan, saya ngamperi para pengambil kebijakan lain, saya jelaskan kenapa saya gak mau tandatangan," tegasnya. 

(BACA JUGA:Erick Thohir: Milenial dan Serikat Pekerja Ujung Tombak Transformasi PLN)

Menurut Erick, sudah saatnya antara manajemen PLN dengan pekerja PLN dan juga regulator memiliki hubungan komunikasi yang baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: