Kemenhub Imbau Masyarakat Jangan Pakai Motor Saat Mudik Lebaran 2022

Kemenhub Imbau Masyarakat Jangan Pakai Motor Saat Mudik Lebaran 2022

Pemerintah menghimbau jangan naik motor ketika mudik lebaran 2022--PMJ news

JAKARTA, FIN.CO.ID-  Pemerintah telah menetapkan tanggal mudik 2022, sehingga masyarakat bisa berpulang untuk kumpul bersama keluarga untuk menikmat hari lebaran. 

Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin mudik harus vaksin booster terlebih dahulu untuk memperkecil penyebaran covid-19. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi meminta kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor ketika mudik lebaran 2022.  

"Kalau bisa masyarakat jangan mudik menggunakan sepeda motor," ucap Budi Setiyadi dikutip dari PMJ news pada Jumat, 8 April 2022. 

(BACA JUGA:Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta Diaktifkan, Pastikan Penerbangan Mudik Lebaran 2022 Lancar)

(BACA JUGA:Awas Harga Jual Tiket Bus Naik Melebihi Batas, Kemenhub Berikan Sanksi Kepada Oknum yang Naikan Tarif)

Lanjutnya, sepeda motor tidak baik digunakan untuk memuat banyak penumpang dan barang lainya.  

"Apalagi sepeda motor yang kemudian (muatannya) bapaknya, ibunya, anaknya satu di depan, anaknya dua di belakang, tambah lagi dengan muatan, kasihan kita," ungkapnya 

Budi Setiyadi juga mengaku kerap melihat kejadian tersebut ketika momen mudik lebaran.  

Dia juga menyampaikan bahwa Kemenhub telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri apabila pada momen itu volume kendaraan roda dua masih tinggi.  

Menurutnya, pihak Kemenhub juga telah menyusun simulasi untuk dijalankan di jalur nasional ketika momen mudik lebaran 2022.  

"Kita akan mencoba melakukan manajemen yang cukup baik untuk mengendalikan bagaimana para pengemudi sepeda motor ini tidak menjadi mix traffic dengan kendaraan lain," katanya.  

Lebih lanjut, dia berharap masyarakat dapat mematuhi imbauan yang disampaikannya itu.  

Selain itu, kata dia, masyarakat yang berkendara dengan motor diminta untuk selalu menggunakan jalur kiri ketika melewati jalan nasional.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: