Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta Diaktifkan, Pastikan Penerbangan Mudik Lebaran 2022 Lancar

Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta Diaktifkan, Pastikan Penerbangan Mudik Lebaran 2022 Lancar

Ilustrasi - Pergerakan penumpang di bandara Soekarno Hatta-Issak Ramdhani-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - PT Angkasa Pura II membuka kembali Terminal I Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) setelah hampir dua tahun tidak diaktifkan karena pandemi COVID-19.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, Terminal I kembali dibuka sebagai persiapan kelancaran angkutan lebaran tahun 2022 di Bandara Soekarno-Hatta. 

(BACA JUGA:Pemerintah Buka Rahasia Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Ternyata Tidak Berhubungan dengan Proses Mudik)

"Terminal 1 sudah diaktifkan mulai 1 April 2022. Dibukanya Terminal 1 untuk mendukung Terminal 2 dan Terminal 3  pada mudik lebaran tahun 2022," kata Awaludin kepada FIN.CO.ID Jumat petang, 8 April 2022. 

Dia menjelaskan, dibukanya seluruh terminal dengan dukungan operasional 3 runway itu, yakni untuk memastikan kelancaran penerbangan rute domestik dan internasional.

Menyusul operasional Terminal 1, 2, dan 3 tersebut, dia mengungkapkan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga akan mengaktifkan Skytrain.

Yaitu moda transportasi berbasis rel dengan tenaga listrik. 

(BACA JUGA:Libur Lebaran 10 Hari, Jokowi Perkirakan 85 Juta Orang Mudik, 47 Persen Pakai Kendaraan Pribadi)

"Moda transportasi ini (Skytrain) untuk perpindahan penumpang pesawat serta pengunjung bandara, dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara," jelasnya.

Pada periode Angkutan Lebaran 2022, lanjutnya, Skytrain akan dioperasikan pada pukul 05.00 - 22.00 WIB. 

Dimana, moda transportasi berbasis rel dengan tenaga listrik itu akan menghubungkan antar terminal serta stasiun kereta bandara. 

"Kami sangat bersiap menghadapi angkutan Lebaran 2022 dengan mengoptimalkan sumber daya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di antaranya mengaktifkan Terminal 1 dan Skytrain," ujarnya.

(BACA JUGA:Jokowi Wanti-wanti Soal Mudik Lebaran 2022: Ini Semuanya Mau Mudik, Jadi Persiapannya Harus Ekstra)

Tak hanya itu, dia melanjutkan, pada periode angkutan Lebaran 2022 ini, AP II juga membuka sentra vaksinasi di Terminal 3 dan sentra vaksinasi booster di Terminal 2. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: