Terkini

Pilihan


Densus 88 Ungkap Peran 5 Tesangka Teroris NII di Tangsel, dari Pemegang Rekening hingga Tim IT

Densus 88 Ungkap Peran 5 Tesangka Teroris NII di Tangsel, dari Pemegang Rekening hingga Tim IT

Ilustrasi Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap teroris.-Issak Ramdhani-fin.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengungkap peran kelima tersangka teroris jaringan NII berinisial SA, SO, TA, MH, dan AHA yang ditangkap di Tangerang Selatan pada Minggu, 3 April 2022.

Kabagbanops Densus 88 Kombes Aswin Siregar menuturkan, tersangka SA berperan sebagai pemegang rekening NII dan bendahara NII Padang.

"Untuk SA, dia terlibat dalam pertemuan kelompok NII di Depok, pemegang rekening NII berdasarkan keterangan dari AY dan bendahara NII Padang yang sempat menerima uang sebesar Rp119 juta, serta menyelenggarakan raihlah atau pergantian struktur," kata Aswin dalam keterangannya, Jumat, 8 April 2022.

(BACA JUGA:Usai Sumbar, Densus 88 Tangkap Lagi Teroris Kelompok NII di Tangsel)

Tersangka kedua berinisial SO berperan sebagai ketua kelompok NII Tangerang Selatan, hadir dalam pertemuan di Depok, berhubungan dengan tersangka Zefrizal, serta melakukan pertemuan dengan 250 anggota NII di Sumatera Barat pada 2019 lalu.

Ketiga, tersangka teroris berinisial TA. Diketahui, TA terlibat dan turun langsung ke Sumatera Barat bersama perwakilan NII dari Tangerang Kota sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan.

"Dia juga memberikan arahan dan petunjuk kepada RS terkait untuk mempersiapkan tukang besi membuat senjata tajam," sambungnya.

(BACA JUGA:Densus 88: 16 Teroris yang Ditangkap di Sumatera Barat Terafiliasi NII, Ingin Gulingkan Pemerintahan)

Kemudian, tersangka teroris yang keempat berinisial MH yang terlibat sebagai sekretaris NII daerah Tangerang Selatan, hadir dalam pertemuan di Depok, dan mengirimkan bahan dari pusat terkait dengan arahan-arahan melalui e-mail.

"MH juga merupakan tim IT," jelas Aswin.

Terakhir, kata Aswin tersangka teroris berinisial AHA alias Y yang berperan sebagai sekretaris dan naik tingkat menjadi Ketua NII wilayah Tangerang Kota dan turun ke Sumatera Barat bersama perwakilan dari Tangerang Kota   sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan.

(BACA JUGA:Jalani Sidang, Tiga Jenderal NII: Silakan Hukum Kami Seadil-Adilnya)

"Saat ini, penyidik masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kelima tersangka teroris dan jaringan NII," pungkasnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap lima tersangka dugaan tindak pidana terorisme di wilayah Tangerang Selatan. Penangkapan terhadap kelima tersangka dilakukan pada Minggu, 3 April 2022, sekitar pukul 07.00 WIB. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: