Simak! Begini Panduan Minum Obat Saat Jalani Ibadah Puasa Ramadan

Simak! Begini Panduan Minum Obat Saat Jalani Ibadah Puasa Ramadan

Ilustrasi ketika hendak minum obat.-my-best.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tak ada salahnya untuk mengetahui panduan minum obat meski menjalani ibadah puasa Ramadan. Disimak, ya!

Baru-baru ini Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang Winarni Naweng Triwulandari memberikan panduan konsumsi obat saat Ramadan.

Winarni mengaku sering mendapati masyarakat yang minum obatnya salah dosis maupun obatnya tidak diminum kala berpuasa.

Baginya, orang yang sedang mengonsumsi obat harus tetap mengikuti sesuai anjuran yang telah diberikan.

(BACA JUGA:Turun di Korea Open 2022, Pelatih Ganda Campuran Indonesia Bocorkan Kondisi Anak Asuhnya dan Akui Ada Kendala)

"Kalau aturannya tiga kali sehari yang harus diminum. Begitu juga sebelum makan dan sesudah makan namun memang waktu disesuaikan," kata Winarni, Senin (4/4/2022).

"Obat ini harus diminum sesuai anjuran bisa diminum saat sahur, berbuka dan malam sesudah tarawih atau sebelum tidur, jangan dikurangi," lanjutnya.

Lebih lanjut Kepala UPTD Puskesmas Mampang itu memaparkan kalau obat terbagi dari dua penyakit, yakni yang menular dan tidak menular.

Jika melihat fenomena sekarang, yakni Covid-19 dianggap sebagai penyakit menular. Sehingga diberikan antibiotik dan semacamnya untuk meredakan sakit.

(BACA JUGA:Jelang Korea Open 2022, Pelatih Tunggal Putra: Persiapan Jojo, Ginting, dan Vito Sudah Bagus)

Sedangkan obat untuk penyakit tidak menular seperti kencing manis, dianjurkan mengonsumsi obat saat sahur.

Menurut Winarni, bagi penderita kencing manis obat akan menurunkan gula darah. Sebab jika gula darah turun terlalu ekstrem akan berbahaya,

"Buat (penderita) gula darah (obatnya diminum) sesudah buka, berbuka puasa dengan minuman dan makanan yang sedikit kadar gula. Karena penderita gula bukan tidak boleh makan gula hanya diseimbangkan," terangnya.

Untuk obat dirinya memberikan contoh, misalnya jenis obat Glibenklamid atau Glimepirid yang bisa diminum saat berbuka dan Metformin saat sahur.

Sumber: