Ini Manfaat Puasa untuk Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Ini Manfaat Puasa untuk Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Stress Bisa Picu Penyakit Jantung, Image oleh Isabella Mariana dari Pexels--

JAKARTA, FIN.CO.ID-- Ummat Islam diwajibkan puasa di bulan suci Ramadan. Esensi puasa untuk menjadi orang-orang yang bertakwa. 

Selain puasa untuk meningkatkan keimanan, menjalankan perintah agama,  puasanya juga punya manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. 

Dikutip dari Alodokter, saat seseorang berpuasa, maka tubuhnya akan mengalami perubahan sesuai dengan lama waktu berpuasa. 

Untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, tubuh membutuhkan waktu sekitar 6–8 jam. Ini artinya, tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Pada kondisi normal, sumber energi utama tubuh adalah gula yang diperoleh dari metabolisme karbohidrat atau gula yang disimpan di hati dan otot. 

(BACA JUGA:Risiko Kelebihan Protein Bagi Tubuh, Kerusakan Ginjal, Penyakit Jantung, Hingga Kanker)

Selama berpuasa, asupan gula ini akan digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Selain gula, jaringan lemak juga bisa diolah menjadi sumber energi.

Jika sumber-sumber energi tersebut masih belum cukup, tubuh akan membakar protein otot untuk menghasilkan energi. 

Fase terakhir ini disebut dengan fase kelaparan. Namun, ini hanya terjadi jika seseorang berpuasa selama berhari-hari tanpa berbuka.

Oleh sebab itu, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Kamu juga harus memerhatikan kecukupan cairan untuk mencegah dehidrasi atau kurang cairan selama berpuasa. Selalu konsumsi air putih pada saat berbuka dan sahur.

(BACA JUGA:Rutin Minum Susu Ini Cegah Serangan Jantung dan Stroke di Kemudian Hari)

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi teh untuk membantu menghidrasi tubuh. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, salah satu jenis teh, seperti teh hitam memiliki efek hidrasi yang hampir sama dengan air putih.

Berikut adalah beragam manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: