Mau Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Heran Didesak Mundur: Kok Heboh di Mana-mana?

Mau Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Heran Didesak Mundur: Kok Heboh di Mana-mana?

Ketua MK Anwar Usman.--Fajar.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman merespons kehebohan publik atas rencana pernikahannya dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, 26 Mei 2022 mendatang.

Ia mengaku heran dengan reaksi publik atas rencana pernikahan itu. Padahal, menurutnya, ia dan Idayati hanya hanya berupaya melanjutkan kehidupan usai ditinggal pasangan masing-masing berpulang ke Sang Khalik.

"Saya baru berencana merencanakan untuk melanjutkan sisa-sisa kehidupan setelah ditinggal oleh almarhumah istri saya. Begitu juga calon yang akan saya nikahi ditinggal oleh suami tercintanya. Kok heboh di mana-mana," kata Anwar dalam video di YouTube Mahkamah Konstitusi, Senin, 28 Maret 2022.

(BACA JUGA:Mau Nikahi Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Dipastikan Bakal Tanggapi Respons Publik)

Ia menyayangkan desakan publik yang memintanya mundur atas rencana pernikahannya dengan Idayati. Padahal, kata dia, pernikahan merupakan perintah agama yang tertuang dalam Alquran. Menurutnya, pertemuannya dengan Idayati pun sudah diatur oleh Allah. 

"Itu hak mutlak Allah untuk menentukan si a menikah dengan si b, si b menikah dengan si a. Saya dengan siapa pun. Ga bisa dilarang oleh siapa pun. Salah satu hak mutlak Allah yang menentukan jodoh," tegas Anwar.

Dirinya pun memastikan tetap berintegritas dalam berkarir sebagai hakim MK meski telah menikahi adik Jokowi.

(BACA JUGA:Heboh Ketua MK Mau Nikahi Adik Jokowi, Mahfud MD: yang Harus Dipermasalahkan Justru Tidak Menikah tapi Berzina)

"Sampai dunia kiamat, Anwar Usman tetap taat pada perintah Allah. Surat Annisa ayat 58, apabila kamu mengadili memutus sebuah perkara di antara sesama manusia siapa pun orangnya tanpa kecuali maka hukumlah dengan adil," ujar Anwar.

Meski demikian, Anwar tak memungkiri dalam memutus setiap perkara memang menuai pro dan kontra. Karena setiap putusan hakim tidak mampu memuaskan semua pihak.

"Tidak mungkin seorang hakim dari dulu sampai sekarang dan sampai kapanpun mampu melahirkan sebuah putusan yang memuaskan semua pihak. Nonsense. Siapa pun hakim dan siapa pun yang diadili, yang disidangkan. Pasti pro dan kontra itu ada," ungkap Anwar.

(BACA JUGA:Ketua MK Diminta Mundur Jika Ingin Menikah dengan Adik Jokowi)

Diketahui, adik Presiden Jokowi, Idayati telah dilamar oleh Anwar Usman pada 12 Maret lalu. Anwar Usman dan Idayati rencananya akan melangsungkan pernikahan pada 26 Mei 2022 mendatang.

Idayati menjanda sejak suami pertamanya, Hari Mulyono, meninggal pada 2018. Sedangkan istri Anwar Usman, Suhada Ahmad Sidik, meninggal dunia pada 26 Februari 2021 yang lalu karena serangan jantung.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: