Harga Bawang Putih Melonjak Hingga Rp35 Ribu Per Kg di Pasar Baru Bekasi, Pedagang Berlasan Modalnya Naik

Harga Bawang Putih Melonjak Hingga Rp35 Ribu Per Kg di Pasar Baru Bekasi, Pedagang Berlasan Modalnya Naik

Salah satu pedagang bawang putih di Pasar Baru Kota Bekasi. Harga Bawang Putih melonjak hingga Rp35 ibu dari harga nomal Rp28 ribu-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Harga bahan pokok saat ini sedang mengalami kenaikan, salah satu bahan yang sedang melonjak hargannya yakni bawang putih.

Fin.co.id menyempatkan untuk memantau secara langsung kondisi harga bahan pokok di Pasar Baru Kota Bekasi, dan benar harga bawang putih saat ini sedang melonjak.

(BACA JUGA:Tenang, Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Ramadan, Polri yang Jamin)

Yusniati (40) salah satu pedagang kebutuhan bahan pokok di Pasar Baru Bekasi mengatakan, saat ini harga bawang putih yang ia jual termasuk harga yang cukup tinggi.

"Kalo para pedagang disini bervariasi ka harga bawang putih mulai dari Rp 32.000 sampai Rp 35.000 per kilonya tergantung pedaganya, kalo saya jual Rp 32.000 per kilo" ucapnya saat ditemui fin.co.id Senin 28 Maret 2022. 

Menurut Yusniati naiknya harga bawang putih di pasar akibat dari harga modal beli para pedagang ke distributor yang saat ini juga sedang meningkat.

"Kalo dulu kita beli Rp 20.000 per kilo ya kita jual paling Rp 27.000 atau Rp 28.000 per kilo, kalo sekarang harga dari sana Rp 27.000 per kilo mau gamau kita juga naik," ungkapnya.

(BACA JUGA:Harga Lebih Mahal, Minyak Goreng Curah Berpotensi Dikemas Premium)

Hal yang sama terlihat di kios milik Roy (23) salah satu pedagang yang menjual sayur sayuran lengkap di pasar termasuk bawang putih.

Di kios miliknya terdapat dua jenis bawang yaitu bawang putih biasa utuh dan bawang putih cuting, kedua jenis bawang tersebut dijual oleh dirinya dengan harga yang berbeda.

"Untuk bawang putih cutting kecil kecil saya jual Rp 35.000 per kilogram, kalo yang biasa utuh Rp 30.000 per kilogram," jelasnya.

Menurut Roy para pembeli biasanya lebih banyak yang membeli bawang putih jenis cutting karena memang lebih wangi dibandingkan bawang putih biasa.

(BACA JUGA:Aliansi Mahasiswa: Wapres Ma'ruf Amin 'Mencla-Mencle', Ulama Tapi Kok 'Paksa' Ummat Disuntik Vaksin Haram)

Kedua pedagang tersebut juga menjelaskan, naiknya harga bawang putih tidak terjadi hanya saat mau mendekati bulan suci ramadhan saja tapi memang sudah naik beberapa bulan belakangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: