Pemerintah Pakai 'Jurus Anti Hujan' untuk Sukseskan MotoGP Mandalika

Pemerintah Pakai 'Jurus Anti Hujan' untuk Sukseskan MotoGP Mandalika

TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN), melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), sebagai "Jurus Anti Hujan" yang dilakukan di kawasan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 18 Maret 2022. -TNI AU-Instagram @militer.udara

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah bekerja keras untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan event Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 pada 18 - 20 Maret 2022. 

Belajar dari event sebelumnya, World Superbike (WSBK) Mandalika tahun lalu yang terganggu akibat hujan lebat yang mengakibatkan jadwal berantakan. Untuk event kali ini pemerintah memberikan perlakuan khusus. 

Jika pada event WSBK Mandalika lalu, penyelenggara menggunakan jasa pawang hujan dan hal itu gagal, maka kali ini Pemerintah menjalankan dua hal sekaligus, yaitu dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), namun tetap menggunakan jasa pawang hujan. 

(BACA JUGA:Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika 2022: Quartararo Pole Position, Marquez Melempem)

Sebagaimana diketahui, TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN), melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), di kawasan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, 18 Maret 2022. 

Operasi TMC yang menggunakan Pesawat Cassa 212-200 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrahman Saleh Malang, dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya curah hujan tinggi di sirkuit Mandalika yang dapat mengganggu jalannya gelaran MotoGP.

Selama beberapa hari kedepan, pesawat Cassa 212 - 200 melakukan penyemaian garam (NaCl) pada awan potensial hujan yang bergerak menuju Mandalika.

(BACA JUGA:Cuma Rp600 Ribuan, Disuguhkan Pemandangan Pantai Kuta Mandalika ,Tenda Glamping MotoGP Mandalika 2022)

Melalui operasi ini, diharapkan dapat mempercepat proses terjadinya hujan sebelum awan tersebut mencapai sirkuit Mandalika.

Tak hanya itu, pawang hujan juga dihadirkan mengusir cuaca buruk di Mandalika.

Seorang pawang hujan yang bernama Rara Isti Wulandari dikerahkan untuk mengamankan event MotoGP tersebut. 

(BACA JUGA:10 Pembalap Lolos ke Q2 MotoGP Mandalika, Berikut daftarnya)

Rara melakukan ritual agar cuaca di sekitar Sirkuit Mandalika cerah selama pelaksanaan race MotoGP.

Rara sebelumnya juga pernah menjadi pawang hujan pada acara Opening Asian Games 2018. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: