Cari Kerja di Tangerang? Gampang Kok. Buka Aplikasi Ini Aja, Banyak Loker Dari Ratusan Perusahaan

Cari Kerja di Tangerang? Gampang Kok. Buka Aplikasi Ini Aja, Banyak Loker Dari Ratusan Perusahaan

Ilustrasi peserta seleksi lowongan CPNS 2023. -dok-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Banten, meluncurkan platform digital bagi para pencari kerja. 

Layanan bursa kerja yang diberinama aplikasi 'SiapKerja' itu menyajikan informasi rekrutmen atau lowongan pekerjaan sesuai keahlian secara online. 

"Hingga saat ini lebih dari 300 perusahaan telah bergabung ke platform digital bernama 'Siapkerja'," kata Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang Iis Kurniati, Rabu, 16 Maret 2022. 

(BACA JUGA:Kemenag Usul Biaya Haji 2022 Rp42 Juta, Kata DPR Masih Kemahalan, Kalau Bisa di Bawah Rp40 Juta)

Untuk bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan pada aplikasi 'SiapKerja', lanjut dia, para pencari kerja bisa mengaksesnya melalui www.siapkerja.tangerangkab.go.id

Namun, para pencari kerja diminta untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri dan mengunggah beberapa persyaratan seperti poto, KTP, ijazah, serta daftar riwayat hidup. 

"Bagi warga yang ber KTP di luar Kabupaten Tangerang harus mengunggah surat keterangan domisili,"  terangnya.

(BACA JUGA:Luhut Ditantang Buka Big Data Penundaan Pemilu, Pengamat: Jangan-jangan Ini Survei Malaikat) 

Ia juga mengungkapkan, pada April 2022 mendatang Disnaker Kabupaten Tangerang akan bekerja sama dengan sender.id untuk menambah fitur pada aplikasi 'SiapKerja'. 

Nantinya, layanan bursa kerja virtual tersebut akan dilengkapi dengan layanan pesan singkat resmi kepada para calon tenaga kerja sesuai kriteria yang dibutuhkan perusahaan. 

"Jadi nanti para pencari kerja yang mendapat panggilan dari perusahaan akan mendapatkan SMS dengan nama 'NAKERKABTNG' itu resmi dari Disnaker Kabupaten Tangerang," jelasnya 

Menurutnya, hingga kini sudah ada 30.396 orang yang mengakses layanan informasi lowongan pekerjaan tersebut.

Bahkan, tambah dia, aplikasi 'SiapKerja' tidak hanya digunakan untuk menginformasikan lowongan pekerjaan, tetapi juga sebagai sarana pelaporan keberadaan tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Kabupaten Tangerang. 

"Selain menginformasikan lowongan pekerjaan juga ada laporan keberadaan tenaga kerja asing. Jadi yang punya tanaga kerja asing sudah otomatis (terdata)," pungkasnya (Rikhi Ferdian)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: