Bawa Tanah dari Korban Gusuran Ahok, Anies: Semoga IKN Baru Tidak Memarjinalkan Rakyat Kecil

Bawa Tanah dari Korban Gusuran Ahok, Anies: Semoga IKN Baru Tidak Memarjinalkan Rakyat Kecil

Sikap Anies Soal Reklamasi Mendadak Berubah--Insagram/@aniesbaswedan

JAKARTA, FIN.CO.ID- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara untuk dibawa ke lokasi Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur. 

Kampung Akuarium adalah Kampung yang pernah digusur oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 25 Mei 2015. 

Kini, Kampung Akuarium jadi Kampung Susun yang megah dibangun oleh Anies Baswedan. 

"Pagi ini, rakyat kebanyakan yaitu ibu-ibu warga Kampung Aquarium, di pesisir Jakarta Utara mencangkul dan mengumpulkan tanah untuk dibawa oleh Gubernur DKI Jakarta ke IKN" kata Anies Baswedan lewat media sosialnya dikutip Senin 14 Maret 2022.

Anies berharap bahwa tanah dari Kampung Aquarium di IKN nanti, diharapkan agar dalam pembangunan IKN tidak memarjinalkan rakyat kecil. 

"Tanah dari Kampung Aquarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan," katanya. 

Dia berujar bahwa kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Aquarium menjadi simbol atas kembalinya kita kepada cita-cita dasar pendirian republik ini

"Yaitu untuk melindungi setiap tumpah darah dan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Anies Baswedan. 

Dia berharap, tanah yang dicangkul oleh para Ibu-ibu Kampung Akuarium itu kelak akan dibangun kota baru, yang kelak menjadi ibu kota, yang diharapkan jadi kota yang mencerminkan cita-cita mendasar atas republik ini.

Adapun residen Joko Widodo atau Jokowi direncanakan berkemah dan menginap di itik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Senin, 14 Maret 2022.  

33 gubernur dijadwalkan hadir ke lokasi berkemah tersebut. Mereka diwajibkan membawa tanah dan air dari daerah masing-masing. 

Di lokasi IKN nanti, Jokowi akan melakukan sebuah ritual bernama Kendi Nusantara bersama para Gubernur se Indonesia. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: