BNPP dan Kemensos Sepakati Lokasi Pembangunan Community Center di PLBN Wini

BNPP dan Kemensos Sepakati Lokasi Pembangunan Community Center di PLBN Wini

BNPP bangun Community Center di PLBN Wini-Humas BNPP-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Baru-baru ini Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengunjungi kawasan perbatasan di Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Dalam kunjungan tersebut Mensos berencana untuk membangun Community Center atau Pusat Kegiatan Masyarakat (PKM) di dekat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini yang dikelola oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Rencananya di Community Center tersebut terdapat berbagai fasilitas modern agar anak-anak dan warga sekitar bisa meningkatkan kualitas belajar. Kelengkapan fasilitas di Community Center menjadi perhatian Kemensos tidak hanya untuk kebutuhan jangka pendek. 

(BACA JUGA:Bea Cukai Musnahkan Ratusan Ribu BKC Ilegal di Cilacap)

Dalam jangka panjang, Community Center disiapkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) putra putri NTT.

Lokasi pembangunan Community Center nantinya juga akan dimanfaatkan untuk pembinaan kewirausahaan, bantuan peternakan dan pertanian warga sekitar PLBN Wini.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon, menyampaikan Kemensos dan BNPP telah berdiskusi terkait lokasi pembangunan Community Center.

(BACA JUGA:Tingkatkan Kepatuhan Pengguna Jasa, Bea Cukai Sosialisasi di Tiga Tempat)

Ia menjelaskan pihak BNPP telah mengusulkan beberapa lokasi yang dapat digunakan untuk membangun Community Center, dengan pertimbangan lokasi pembangunan tidak berada persis di depan pintu gerbang PLBN, agar keberadaan Community Center dan PLBN nantinya tidak saling mengganggu. Terutama terkait dengan aktivitas masyarakat di PKM dan aktivitas lintas batas negara, baik kendaraan maupun orang, melalui pintu gerbang PLBN Wini.

Robert mengungkapkan akhirnya kedua belah pihak mencapai kesepakatan terkait lokasi pembangunan Community Center yakni di samping Gedung Serba Guna PLBN Wini sesuai usulan BNPP.

"Staf Khusus Mensos, Bapak Luhur Budiyarso, hari ini, Selasa, 8 Maret 2022, pukul 16.41 WIB, menginformasikan kepada kami bahwa Ibu Mensos menyetujui untuk menggunakan lahan yang disarankan oleh BNPP sebagai lokasi Pusat Kegiatan Masyarakat," ujar Robert, Selasa 8 Maret 2022.

(BACA JUGA:BNPP 'Gercep' Implementasikan Pembangunan Ekonomi di Skouw, Perbatasan RI - PNG)

Robert bersama Kepala Biro Keuangan, Umum, dan Humas (KUH) dan Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara (Tasbara) akan menindaklanjuti dengan proses teknis agar pembangunan Community Center di PLBN Wini dapat segera dimulai.

"Atas hal diatas, kami bersama Karo KUH dan Asdep Tasbara akan menindaklanjutinya dengan proses teknis untuk segera dapat dimulai pembangunan PKM di PLBN Wini," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: