Paulus Waterpauw Apresiasi Peran Serta Masyarakat dalam Mengembangkan PLBN Sota

Paulus Waterpauw Apresiasi Peran Serta Masyarakat dalam Mengembangkan PLBN Sota

Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Paulus Waterpauw meninjau pasar tradisional di kawasan PLBN Sota-Humas BNPP-

 

MERAUKE, FIN.CO.ID - Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Paulus Waterpauw, mengapresiasi masyarakat Kecamatan Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua yang ikut berperan mengembangkan ekonomi perbatasan negara dengan memanfaatkan pasar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

Hal ini disampaikan Paulus saat mengunjungi PLBN Sota di dampingi Kepala Administrator PLBN Sota, Kapolres Merauke, Kapolsek Sota, serta TNI di perbatasan, Senin, 7 Maret 2022. 

Ia menyampaikan, Pemerintah saat ini tengah fokus mempercepat perkembangan ekonomi di kawasan perbatasan dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

(BACA JUGA:BNPP 'Gercep' Implementasikan Pembangunan Ekonomi di Skouw, Perbatasan RI - PNG)

Meski Kecamatan Sota tidak masuk dalam pelaksanaan Inpres 1/2021, Paulus mengaku bangga masyarakat sekitar telah memanfaatkan pasar PLBN Sota untuk menggerakkan roda ekonomi. 

Dia meyakini upaya masyarakat dalam memanfaatkan pasar PLBN Sota akan berkembang seiring berjalannya waktu. 

"Saya menganggap ini cukup baik karena tadi di antaranya saya lihat ada masyarakat lokal yang juga mau belajar berapa satu, dua, tiga atau empat orang. Nanti itu akan berkembang terus, metode belajar dari pengalaman saudara kita yang lain mereka tumbuh berkembang menjadi mandiri," ujar Paulus. 

(BACA JUGA:BNPP Tinjau Lokasi Percepatan Pembangunan Ekonomi Perbatasan di Sambas)

Paulus menilai masyarakat yang memanfaatkan pasar PLBN Sota untuk memutar roda ekonomi mempunyai konsumen yang melimpah, pasalnya konsumen tidak hanya datang dari masyarakat sekitar PLBN Sota tetapi juga warga negara Papua New Guinea.

"Saya sudah ngobrol dengan Bu Ni Luh, bahwa ternyata warga PNG kalau berbelanja bahan makanan dan lain-lain itu ke pasar PLBN Sota. Saya pikir ini adalah potensi yang perlu dilihat oleh masyarakat, mari sama-sama putar roda ekonomi perbatasan negara lewat perdagangan dari pasar PLBN Sota," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Sota, Ni Luh Puspa Jayaningsih, menjelaskan pedagang di pasar PLBN Sota memperdagangkan beraneka ragam barang mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, sparepart, dan lain-lain. 

(BACA JUGA:Komisi II Bahas Rencana Strategis Dengan Mendagri Dan Kepala BNPP)

Pada masa pandemi Covid-19, para pedagang yang berasal dari sekitar PLBN Sota akan menjajakan barang dagangannya tiga hari dalam seminggu, yakni pada hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 08.00-16.00 WIT.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: