Terkini

Pilihan


Luhut Bilang PPKM di Jabodetabek Turun ke Level 2, Asyik!

Luhut Bilang PPKM di Jabodetabek Turun ke Level 2, Asyik!

Wakil Ketua KPC PEN Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pelaku perjalanan domestik kini tak perlu menunjukkan hasil tes antigen atau PCR negatif sebagai syarat bepergian asal sudah divaksin lengkap.--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan status PPKM wilayah Jabodetabek dan Surabaya Raya telah turun ke level 2.

Penetapan tersebut didasarkan atas penurunan kasus konfirmasi harian dan menurunnya jumlah pasien rawat inap di rumah sakit.

"Saat ini aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali masuk ke level 2 dikarenakan penurunan kasus konfirmasi harian dan juga rawat inap rumah sakit," kata Luhut dalam konferensi pers daring hasil ratas PPKM, Senin, 7 Maret 2022.

(BACA JUGA:Kabar Baik! Arab Saudi Akhirnya Buka Pintu untuk Jamaah Haji 2022 dari Seluruh Dunia, Begini Penjelasannya)

Ia mengatakan, rincian wilayah yang level PPKM-nya menurun akan dijabarkan lebih lanjut melalui Instruksi Mendagri (Inmendagri).

Luhut menambahkan, kondisi penurunan kasus konfirmasi harian terjadi di seluruh provinsi di Jawa dan Bali. Bahkan, tingkat rawat inap di seluruh provinsi di Jawa dan Bali juga telah menurun, terkecuali DI Yogyakarta.

"Namun, DIY kami perkirakan akan turun dalam beberapa hari ke depan ini," ujarnya.

(BACA JUGA:Banyak Daerah Turun Level, Luhut Memohon dan Meminta ke Masyarakat, Kesediannya Mendatangi...)

Luhut mengungkapkan, dalam beberapa hari terakhir, jumlah kematian di provinsi DKI Jakarta, Bali dan Banten, telah mengalami penurunan. 

Ia memperkirakan dalam waktu dekat provinsi lain juga akan mengalami penurunan mengingat kematian adalah kasus lagging indicator (indikator yang tertinggal).

Selain level asesmen PPKM yang membaik, Luhut menyebut mobilitas masyarakat juga kembali meningkat cukup tinggi. Hal itu terlihat dalam pergerakan data Google Mobility yang diambil dalam sepekan terakhir.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: