Alasan Mengapa Islam Mengajarkan Orang untuk Tidak Berburuk Sangka, Hubungannya ke Jantung

Alasan Mengapa Islam Mengajarkan Orang untuk Tidak Berburuk Sangka, Hubungannya ke Jantung

dr. Zaidul Akbar, Screenshot: dr. Zaidul Akbar Official/YouTube--

JAKARTA - Ada alasan kuat mengapa agama Islam melarang orang untuk berburuk sangka.

Untuk alasan yang kurang lebih sama, Islam juga menganjurkan orang untuk sabar dan mencintai sesama manusia.

"Nabi menjelaskan soal itu dengan banyak riwayat," kata dr. Zaidul Akbar di channel YouTube resmi miliknya.

(BACA JUGA:Manfaat Minum Susu Kerbau Fermentasi Menurut dr. Zaidul Akbar)

"Jangan menjelek-jelekan saudaramu, jangan menggibahnya, jangan memfitnahnya. Itu fungsinya apa? Ya menjaga hati kita,"  lanjut dokter umum itu.

Jika melihatnya dari sisi kesehatan, alasannya adalah untuk mencegah masalah pada kesehatan jantung.

Inilah yang kemudian menurut dr. Zaidul Akbar, mengapa peran agama penting bagi jantung yang sehat.

"Buruk sangka, curiga, dugaan (yang buruk), kebencian, hal itu akan jadi penyebab lemahnya jantung," jelas dr. Zaidul Akbar.

Jadi lanjut dokter umum itu, jika ingin terhindar dari pelemahan jantung, maka harus dimulai dari kepala manusia itu sendiri.

"Maka jangan banyak duga-duga (buruk) tentang sesuatu, tentang orang lain, termasuk orang yang sangat dekat dengan kita," lanjutnya.

Jadi intinya, hindarilah berburuk sangka terhadap orang lain.

Apa Itu Pelemahan Jantung

Pelemaahan jantung menurut Verywell Health, adalah ketika jantung tidak mampu memompa darah untuk dapat menyalurukannya keseluruh bagian tubuh yang ada.

Menurut medis, pelemahan jantung dapat disebabkan oleh beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung koroner dan darah tinggi.

Seiring dengan waktu, kondisi ini dapat memicu gagal jantug diastolik atau juga gagal jantung sistolik.

Ciri-ciri Jantung Bermasalah

Jantung bermasalah menunjukan beberapa ciri. Berikut seperti dilansir Prevention:

1. Sakit pada bagian dada Anda mengalami sakit di bagian dada, seolah ada otot dada yang tertarik, kata kardiolog dari University of Kansas Hospital, Ashley Simmons, MD. Meski tidak selalu terasa begitu menyakitkan, namun sakitnya dapat menjalar ke area seperti pundak, lengan, leher atau rahang. Dan yang perlu diperhatikan lagi, kata Dr. Simmons, sakit dada yang terjadi usai berolahraga atau di saat anda sedang stress, ini biasanya dikarenakan oleh gangguan aliran darah.

2. Nafas pendek Tidak hanya nafas pendek usai melakukan aktifitas ringan, gangguan pernapasan yang terjadi di saat anda sedang berbaring juga menunjukan ada yang salah dengan jantung. Konsultasikan hal ini pada dokter jika menimpa Anda.

3. Mual, badan demam dan keringat dingin adalah salah satu tanda-tanda dari kuranganya aliran darah. Masalah pencernaan juga bisa menjadi ciri lain dari gangguan jantung.

4. Pusing umumnya disebabkan oleh adanya penyumbatan, terlebih ketika dibarengi dengan jantung yang berdebar-debar. Merasa pusing ketika anda berdiri juga merupakan ciri-ciri dari masalah jantung.

5. Lelah atau mengantuk. Pada wanita, mereka kerap merasakan lelah atau sering sekali mengantuk satu minggu sebelum serangan jantung terjadi, hal ini umumnya dipicu oleh gangguan tidur.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: