Ukraina Putuskan Bergabung Uni Eropa, Pasca Putaran Pembicaraan dengan Rusia Berakhir

Ukraina Putuskan Bergabung Uni Eropa, Pasca Putaran Pembicaraan dengan Rusia Berakhir

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy--lisehunting

JAKARTA, FIN.CO.ID - Seorang penasihat utama presiden Ukraina mengatakan putaran pertama pembicaraan dengan Rusia tentang mengakhiri pertempuran di Ukraina telah berakhir, dan lebih banyak pembicaraan bisa segera terjadi.

Sementara itu dikutip dari apnews.com, presiden Ukraina telah menandatangani perjanjian bagi negaranya untuk bergabung dengan Uni Eropa, dalam upaya untuk memperkuat ikatan negaranya dengan Barat.

Volodymyr Zelenskyy telah memposting foto dirinya menandatangani surat perjanjian, dan kantornya mengatakan dokumen sedang dalam perjalanan ke Brussel, dimana 27 negara Uni Eropa bermarkas.

(BACA JUGA:Buntut Invasi ke Ukraina, BWF Batalkan Kejuaraan di Rusia dan Belarus, Sanksi Tegas Ini Juga Diterapkan)

(BACA JUGA:Perang Rusia-Ukraina Vatikan Siap Jadi Penengah, Takhta Suci, yang Pada Tahun-tahun Ini Telah...)

Sebagaimana diketahui, pejabat Rusia dan Ukraina bertemu untuk pembicaraan perdamaian pada Senin, 28 Februari 2022, di tengah harapan tinggi untuk setiap terobosan diplomatik, setelah Moskow menghadapi perlawanan keras yang tak terduga ketika melancarkan perang darat terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

Pasukan Ukraina yang kalah senjata berhasil memperlambat kemajuan Rusia, dan sanksi Barat mulai menekan ekonomi Rusia, tetapi Kremlin sekali lagi mengangkat momok perang nuklir, melaporkan bahwa pasukan nuklir darat, udara dan lautnya dalam siaga tinggi menyusul perintah Presiden Vladimir Putin akhir pekan lalu. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: apnews.com