Perang Rusia-Ukraina Vatikan Siap Jadi Penengah, Takhta Suci, yang Pada Tahun-tahun Ini Telah...

Perang Rusia-Ukraina Vatikan Siap Jadi Penengah, Takhta Suci, yang Pada Tahun-tahun Ini Telah...

Otoritas Vatikan mengatakan, pihaknya siap untuk memfasilitasi dialog antara Rusia dan Ukraina untuk mengakhiri perang.-antaranews-

JAKARTA,FIN.CO.ID - Perang Rusia-Ukraina yang tengah menjadi sorotan negara-negara di dunia juga mendapat perhatian dari Vatikan. 

Otoritas Vatikan mengatakan, pihaknya siap untuk memfasilitasi dialog antara Rusia dan Ukraina untuk mengakhiri perang, dan menyerukan penghentian segera serangan militer.

Menteri Luar Negeri Kardinal Pietro Parolin yang menempati peringkat kedua setelah sang paus dalam hierarki Vatikan, mengatakan kepada surat kabar Italia bahwa terlepas dari perang yang dikobarkan oleh Rusia melawan Ukraina dia yakin selalu ada ruang untuk negosiasi.

(BACA JUGA:Mulai Besok, PPLN yang ke Indonesia Wajib Karantina 3 Hari, Asal...)

Duta Besar Ukraina untuk Vatikan, Andriy Yurash, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada 14 Februari bahwa Kiev terbuka untuk mediasi Vatikan atas konfliknya dengan Rusia.

Seraya menyebut Vatikan sebagai tempat yang sangat berpengaruh, sangat spiritual untuk pertemuan.

Parolin, diplomat utama Vatikan, mengatakan kepada surat kabar Italia bahwa dialog adalah satu-satunya cara yang masuk akal dan konstruktif untuk menyelesaikan perbedaan.

(BACA JUGA:Surya Paloh: NasDem Tak Tertarik Bahas Perpanjangan Jabatan Presiden Hingga Penundaan Pemilu)

"Takhta Suci, yang pada tahun-tahun ini telah mengikuti peristiwa di Ukraina terus-menerus, diam-diam dan dengan perhatian besar, menawarkan untuk memfasilitasi dialog dengan Rusia, selalu siap untuk membantu kedua belah pihak melanjutkan jalan seperti itu," katanya, menurut transkrip di laman resmi Berita Vatikan, Senin, 28 Februari 2022.

"Yang terpenting, serangan militer harus segera dihentikan. Kita semua adalah saksi dari konsekuensi tragisnya," katanya.

Dia menyarankan bahwa inilah yang dikatakan Paus Fransiskus kepada duta besar Rusia ketika dia melakukan kunjungan mendadak ke kedutaan Rusia di Vatikan pada Jumat, dalam keberangkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari protokol diplomatik.

Parolin mengatakan dunia sedang menyaksikan peristiwa serupa dengan yang mendahului permulaan Perang Dunia Kedua, referensi nyata untuk invasi Jerman ke Polandia pada 1939.

Paus Fransiskus pada Minggu membuat seruan yang berapi-api untuk koridor kemanusiaan untuk membantu para pengungsi meninggalkan Ukraina dan mengatakan mereka yang berperang tidak boleh tertipu dengan berpikir bahwa Tuhan ada di pihak mereka.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: antara