Sirkuit Formula E Pakai Bambu, Wagub Riza: Supaya Kuat Ada yang Perlu Menggunakan Bambu

Sirkuit Formula E Pakai Bambu, Wagub Riza: Supaya Kuat Ada yang Perlu Menggunakan Bambu

Anies Baswedan (batik biru) melihat mobil listrik di lintasan balap Formula E di Brooklyn, New York. --Instagram/@aniesbaswedan

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penggunan bambu dalam pengerjaan sirkuit Formula E di Ancol menjad perhatian banyak pihak. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat suara soal penggunaan bambu dalam pengerjaan sirkuit Jakarta E-Prix atau Formula E. 

Kata Riza, panitia harus mengupayakan pengerjaan sirkuit Formula E di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, secara efektif dan efisien.

(BACA JUGA:Survei SMRC: Ganjar di Puncak, Anies dan Prabowo Keok)

Menurutnya, pengerjaan pondasi Formula E sudah sesuai dengan ketentuan. 

Secara teknis, di lokasi pengerjaannya perlu ada penguatan menggunakan bambu. 

"Jadi penggunaan cerucuk bambu itu sudah melalui perhitungan teknis di lapangan," kata Riza Patria di Jakarta Utara, Senin, 28 Februari 2022.

(BACA JUGA:MPR Ngaku Belum Bahas Usulan Penundaan Pemilu 2024, Arsul: Baru Komentar di WhatsApp Grup)

Menurut Riza, jangan beranggapan semua pondasi jalan harus dari beton supaya kuat. 

"Ada juga yang perlu menggunakan bambu supaya kuat," katanya.

Apalagi di masa pandemi, kata Riza, panitia perlu memperhitungkan semua opsi pengeluaran yang lebih hemat serta paling efektif dan efisien, agar semua penyelenggaraan kegiatan itu bisa terlaksana sesuai rencana.

Maka ketika diputuskan menggunakan cerucuk bambu, kata dia, panitia Formula E tentu sudah memastikan bahwa penggunaan material itu tidak hanya murah, tapi juga efektif dan efisien dibandingkan yang lainnya.

"Jadi panitia tentu memastikan penyelenggaraannya dibuat semakin efektif dan efisien dengan biaya murah. Insya Allah pada April sudah selesai, kita tunggu saja," kata Riza.

Sebelumnya, penanggung jawab pembangunan sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo, di Ancol, Jakarta, Rabu (23/2), menjelaskan, material bambu digunakan untuk melapisi bawah lintasan karena tahan terhadap air.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: