Ketua DPR Minta Pemerintah Fokus Lindungi WNI di Ukraina, Jangan Sampai Ada Satupun yang Terluka!

Ketua DPR Minta Pemerintah Fokus Lindungi WNI di Ukraina, Jangan Sampai Ada Satupun yang Terluka!

Ketua DPR RI Puan Maharani -Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mendesak agar pemerintah Indonesia menjamin keselamatan dan keamanan Warga Negara Indonesia (WNI) di Ukraina. 

Puan meminta pemerintah untuk mengevakuasi WNI yang saat ini berada di Ukraina ke tempat yang lebih aman. 

“Jangan sampai ada satupun warga Indonesia yang terluka dalam konflik di Ukraina. Keselamatan dan keamanan WNI harus menjadi prioritas,” ungkap Puan dalam keterangannya, dikutip Senin 28 Februari 2022 dini hari. 

(BACA JUGA:Duh, 10 Warga Yunani Tewas Terkena Serangan Rusia di Ukraina)

Berdasarkan laporan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), tercatat ada 138 WNI yang berada di Ukraina. Puan menilai, evakuasi terhadap WNI di Ukraina untuk kembali ke Indonesia saat ini sudah perlu dipertimbangkan serius.

“Sehingga pemerintah, KBRI, dan semua stakeholder, harus berkoordinasi dengan efektif jika perlu melakukan evakuasi dan membawa pulang seluruh WNI secepatnya dan seaman mungkin,” tambah Puan.

Ia juga meminta Pemerintah untuk menyiapkan segala kebutuhan WNI, jika proses evakuasi dilakukan. Mulai dari safe house, kebutuhan sehari-hari, hingga transportasi untuk kembali ke Tanah Air.

(BACA JUGA:Ngeri! Presiden Putin Perintahkan Pasukan Anti Nuklir Rusia Bersiap)

Puan menyatakan evakuasi adalah salah satu bentuk perlindungan negara yang harus dilakukan terhadap semua warga negara Indonesia, yang sedang berada di wilayah konflik di luar Tanah Air.

Mengenai konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, Politisi PDIP ini mengingatkan posisi Indonesia sebagai negara bebas aktif. Namun ia menyerukan agar perang dihentikan untuk menghindari kekerasan terhadap umat manusia.

“DPR meminta Pemerintah Indonesia dengan bebas-aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia, lewat berbagai forum internasional, sebagaimana diamanatkan konstitusi,” tegas Puan.

(BACA JUGA:25 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina)

“Hentikan perang. Perang hanya menyisakan arang juga abu bagi yang melakukannya, dan manusia yang menjadi korbannya,” sambungnya.

Puan pun menyatakan keprihatinannya terhadap eskalasi konflik di Ukraina yang menyebabkan jatuhnya korban sipil.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: