Film Tentang Pemberontakan Petani Dibintangi Sejumlah Pejabat, Angkat Peristiwa 130 Tahun Lebih Geger Cilegon

Film Tentang Pemberontakan Petani Dibintangi Sejumlah Pejabat, Angkat Peristiwa 130 Tahun Lebih Geger Cilegon

Film Geger Cilegon yang menceritakan pemberontakan petani dibintangi sejumlah pejabat. -radarbanten.co.id-radarbanten.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Lembaga Budaya Banten (LBB) memproduksi film sejarah tentang pemberontakan Petani Banten 1.888, atau yang lebih populer dengan sebutan Geger Cilegon.

Pemeran film Geger Cilegon melibatkan pejabat Kota Cilegon mulai dari Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Kapolres Cilegon Sigit Haryono, Kepala Kejari Cilegon Elly Kusumastuti, Camat Cibeber Noviyogi Hermawan, serta beberapa lurah yang ada di Kota Cilegon.

Ketua LBB Bambang Irawan mengatakan, dibuatnya film Geger Cilegon adalah untuk mengangkat sejarah Geger Cilegon yang kejadiannya sudah 130 tahun lebih. 

(BACA JUGA:Asyik! Menkes Sebut Masyarakat Bisa Hidup Normal, Boleh Bekerja, Boleh ke Mal )

Sehingga orang jarang mengetahui tentang sejarah Geger Cilegon secara utuh.

“Makanya kami bersama teman-teman LBB mengangkat sejarah Geger Cilegon ke layar film  agar lebih menarik perhatian khususnya generasi muda,” kata Bambang, dikutip dari Radarbanten.co.id, Senin, 14 Februari 2022. 

Diungkapkan Bambang, sejarah Geger Cilegon merupakan kisah nyata dan nama-nama tokoh pada film ini seluruhnya  benar-benar ada. 

(BACA JUGA:Disambangi BEM PTMI, Ketua DPD RI: Mahasiswa Sudah Melempem, Tidak Ada Kritis-kritisnya)

“Mudah-mudahan dengan dirilisnya film ini anak keturunan dari para tokoh-tokoh Geger Cilegon bisa berkumpul bersama-sama,” ungkapnya.

Diketahui, pasca peristiwa tersebut, keluarga yang terlibat dalam Geger Cilegon terpisah-pisah. 

Hanya beberapa saja yang masih jelas. 

Itu pun jika keluarganya menggali atau mencari setelah kejadian Geger Cilegon.

"Jadi kebanyakan hubungan keluarga para tokoh terputus, mudah-mudahan dibuatnya film ini bukan hanya menjadi informasi saja tetapi bisa menyambungkan kembali anak keturunan para tokoh Geger Cilegon,” paparnya.

Diceritakan Bambang, awal pembuatan film Geger Cilegon, Lembaga Budaya Banten hanya memproduksi film pendek berdurasi 20 menit karena terkait biaya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lut

Tentang Penulis

Sumber: radarbanten.co.id