Awas Fatal! Ganja Bisa Ganggu Kemampuan Manusia Saat Mengemudi Selama 4 Jam, Penelitian Ini Ungkap Faktanya

Awas Fatal! Ganja Bisa Ganggu Kemampuan Manusia Saat Mengemudi Selama 4 Jam, Penelitian Ini Ungkap Faktanya

Efek yang Diitimbulkan Ganja Saat Manusia Mengemudi-PIXABAY--

JAKARTA, FIN.CO.ID – Sebuah penelitian baru-baru ini menilai bahwa ganja dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mengemudi hingga 4 jam setelah obat tersebut digunakan.

“Meskipun kinerja meningkat pada 3,5 jam, pemulihan tidak sepenuhnya terlihat sampai 4,5 jam setelah merokok'” kata peneliti dalam laporan yang diterbitkan di JAMA Psychiatry.

Sekelompok peneliti dari Center for Medicinal Cannabis Research di University of California San Diego mengamati 191 pengguna ganja regular.

Melansir artikel dari NYPostpenelitian itu ditemukan bahwa merokok ganja menyebabkan penurunan skor simulasi mengemudi secara signifikan, menurut penulis studi uji coba secara acak selama dua tahun.

(BACA JUGA:Biadab! Usai Perkosa Anak 6 Tahun, Tukang Siomay Nekat Minum Darah Kemaluan Korbannya)

(BACA JUGA:Ada Darah pada Sikat Gigi, Apa Artinya?)

Para peserta diberi rokok plasebo atau rokok ganja yang mengandung tingkat delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) 5,9 persen atau 13,4 persen, senyawa psikoaktif dalam ganja, kata penelitian tersebut.

Para peneliti menemukan peserta dalam kelompok THC menunjukkan penurunan yang signifikan dalam Composite Drive Scores (CDS) terkait dengan pengalaman simulasi mengemudi selama 25 menit.

Selain itu CDS menilai variabel mengemudi yang termasuk mengikuti mobil terdepan sambil memvariasikan kecepatan, mencatat meliuk di jalur mereka, dan menanggapi tugas perhatian yang terbagi, menurut penelitian.

Perbedaan komparatif paling tajam dalam skor mengemudi antara plasebo dan kelompok THC dicatat pada 30 menit dan 1 jam dan 30 menit setelah waktu menghirup rokok ganja, menurut laporan yang diterbitkan.

(BACA JUGA:4 Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Gejala Asam Lambung)

(BACA JUGA:Istri Izin ke Kantor, Tapi Bohong, Suami Bakar Kantor Istri)

Studi tersebut mengatakan perbedaan batas dalam skor mengemudi ditemukan antara kedua kelompok pada 3 jam 30 menit dan tidak ada perbedaan yang dicatat pada 4 jam 30 menit.

Para peneliti mengatakan dalam laporan itu bahwa para peserta ragu-ragu untuk mengemudi segera setelah merokok tetapi hampir 69 persen dari peserta melaporkan bahwa mereka siap untuk mengemudi pada 1 jam 30 menit setelah menghirup, menyiapkan skenario yang berpotensi berbahaya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Risto Risa

Tentang Penulis

Sumber: