Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?

Seorang pria Nyeruput Kopi, Image oleh Pexels dari Pixabay--

JAKARTA - Kopi adalah minuman paling populer di dunia. Minum kopi di pagi hari, tepat setelah Anda terbangun, memberikan dorongan semangat untuk Anda memulai hari yang baru.

Meski begitu, ada yang sengaja menunggu waktu minum kopi mereka, beberapa jam setelah terbangun, yang katanya untuk benefit tertentu.

Namun bagaimana kata ahli, soal waktu yang tepat untuk minum kopi ini?

(BACA JUGA:Tanda Anda Harus Berhenti Minum Kopi)

Well, seperti dilansir Healthline, minum kopi tepat setelah bangun tidur, disebut dapat mengurangi efeknya untuk membuat Anda lebih cepat terjaga.

Mengapa demikian? Karena di saat Anda terbangun, produksi hormon kortisol pada tubuh sedang tinggi-tingginya.

Kortisol adalah hormon pemicu stress, sekaligus hormon yang mampu meningkatkan fungsi tubuh manusia untuk tetap terjaga dan fokus, selain juga meregulasi metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Hormon kortosol bekerja dengan cara mengikuti ritme tertentu dari siklus bangun dan tidur manusia.

Kadar tertinggi kortisol baru akan mereda, sekitar 30 hingga 45 menit setelah seseorang terbangun.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?

Untuk alasan di atas, minum kopi tidak lama setelah Anda terbangun, kurang dari 30 menit, dapat memicu tingginya kadar kortisol dalam tubuh.

Ketika dijadikan kebiasaan, minum kopi tepat setelah bangun tidur, dapat berpotensi memicu gangguan pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Akan tetapi, impilkasi luasnya terhadap kesehatan, belum benar-benar tercatat dengan baik secara medis.

Meski begitu, ada pendapat ahli lain yang menyebutkan bahwa, pada mereka yang rutin meminumnya setiap hari, efek minum kopi terhadap kadar kortisol dalam tubuh tidaklah signifikan.

Namun jika menginginkan kopi sebagai energy booster, menunggu beberapa jam setelah terbangun, adalah yang paling direkomendasikan.

Ingin lebih bersemangat memulai hari dengan kopi, jangan terburu-buru untuk menyeruputnya, untuk benift ini. Sekarang Anda tau bukan waktu yang tepat untuk minum kopi?

 

 

KOPI TIDAK LAGI MEMPAN BIKIN AND MELEK?

Well, menurut ahli, sebagaimana diungkap dalam sebuah studi, hal ini ada kaitannya dengan masalah tidur yang dialami seseorang.

Perlu diketahui, alasan mengapa minum kopi dapat membuat orang tetap terjaga, adalah berkat kerja kafein yang terkandung di dalamnya.

Ketika kafein menyatu dengan reseptor pada otak, hal ini akan memicu produksi zat bernama adenosine. Adenosine inilah yang menurut kedokteran, sebagai zat yang bertanggungjawab atas efek melek yang dialami orang.

Namun bagi mereka yang kekurangan tidur, hal ini akan memaksa tubuh memproduksi lebih banyak hormon adenosine.

Ketika jumlahnya terlalu banyak, maka reseptor pada otak akan tidak lagi merespon, atau menolak untuk merespon, terhadap kafein. Hal inilah yang menjelaskan mengapa kopi tidak lagi mempan bikin orang tetap melek.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: