Tanda Anda Harus Berhenti Minum Kopi

Tanda Anda Harus Berhenti Minum Kopi

Ilustrasi Kopi-Photo by Burst-Pexels

 

JAKARTA - Bagi pecinta kopi tidak ada kegiatan yang lebih menyenangkan di pagi harinya, dari keasikan minum secangkir kopi.

Rasa kopi yang khas dan nikmat itu, membuat Anda lebih bersemangat untuk memulai hari Anda.

 

Minuman paling populer di seluruh dunia tersebut, juga merupakan konsumsi yang paling nikmat, untuk dinikmati bersama dengan sepiring pisang goreng.

(BACA JUGA:Cara minum Kopi yang Aman jika Punya Darah Tinggi)

 

Namun ada kalanya, Anda tidak dianjurkan untuk minum kopi, dan bahkan disarankan untuk break terlebih dahulu dari menyeruputnya.  

 

Berikut ini ciri-ciri orang yang wajib istirahat minum kopi, seperti dilansir Prevention:

 

1. Anda kelebihan kafein

 

Menurut seorang profesor dari University of California bernama Michael Yassa, terlalu banyak minum kopi dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik dan menyebabkan kecemasan, kegelisahan, peningkatan detak jantung, iritabilitas dan amarah yang meluap.

 

2. Masalah tidur

 

Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa kebiasaan minum kopi dapat mengganggu tidur anda, baik secara kualitas dan kuantitas, meski anda memimunnya 6 jam sebelum jam tidur.

 

Kalau sudah begini, anda tidak akan lagi mendapatkan manfaat baik dari kopi, kata Dr. Yassa. Mau tidak mau, anda harus berhenti minum kopi, setidaknya sebelum jam 4 sore.

 

3. Caffein crash

 

Bisa membuat Anda terjaga, namun ketika efeknya hilang, Anda akan kehabisan banyak energi.

 

4.  Anda bolak-balik kamar mandi

 

Kopi adalah diuretik, artinya, minum kopi dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Tidak hanya itu, menurut penelitian, kandungan asam yang dimiliki kopi dapat menstimulasi usus dan kolon.

 

Akibatnya, anda sulit untuk menahan poop. Jika anda mengalami hal ini, kopi yang cocok untuk anda adalah kopi hitam dan espresso yang rendah akan kandungan asam dan kafein.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: