Komplotan Pengganjal Mesin ATM dengan Tusuk Gigi Lintas Provinsi Dibekuk Polisi

Komplotan Pengganjal Mesin ATM dengan Tusuk Gigi Lintas Provinsi Dibekuk Polisi

Tiga pelaku pembobol dan pengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dengan tusuk gigi lintas provinsi ditangkap Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah. (Antara)--

JEPARA, FIN.CO.ID -- Tiga pelaku pembobol dan pengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dengan tusuk gigi lintas provinsi ditangkap Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah.

Para pelaku diringkus setelah melakukan kejahatan di Kecamatan Tahunan, Jepara.

Menurut Kapolres Jepara AKBP Warsono didampingi Kasat Reskrim AKP Muhammad Fachrur Rozi di Jepara, Kamis, 27 Januari 2022, tiga dari empat pelaku telah ditangkap.

(BACA JUGA:Waspada Nomor Telepon Palsu di Mesin ATM)

Para pelaku yang ditangkap yakni, Emi (40) asal Tangerang, Banten, Juni (42) asal Pesawaran, Lampung, dan Fauzan (39) asal Tanggamus, Lampung.

Sedangkan YD (39) masih dalam pengejaran petugas dan sudah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Kejadian berawal dari laporan korban bernama Saekul (37) asal Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, pada 19 Desember 2021.

Korban hendak melakukan penarikan uang melalui mesin ATM Mandiri di SPBU Ngabul, Kecamatan Tahunan, Jepara.

(BACA JUGA:Waspada, Begini Cara Pelaku Bobol Rekening dengan Ganjal Mesin ATM)

"Namun, kartu ATM korban sulit masuk ke mesin ATM. Lantas datang tersangka Emi yang mencoba membantu korban dengan cara ATM milik tersangka dimasukkan ke mesin ATM dan berhasil. Kemudian dikeluarkan kembali dan mengatakan kepada korban bahwa tidak ada masalah," ujarnya.

Selanjutnya, tersangka meminta korban mencoba kembali dengan kartu ATM yang sudah ditukar dengan milik tersangka.

"Kemudian tersangka menyuruh korban memasukkan nomor pin dan pada saat yang bersamaan tersangka Juni dan Fauzan mengintip nomor pin yang dimasukkan korban," ujarnya.

Pada keesokan harinya korban terkejut karena saat mengecek saldo ke Bank Mandiri Welahan ternyata kartu ATM miliknya berbeda dan saldo di rekening tabungan korban berkurang sebesar Rp35 juta.

(BACA JUGA:Waspada, Begini Cara Kerja Pembobol Rekening di Mesin ATM, Licik!)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: