Fatal! Video Hoax TikTok Ini Ternyata Bisa Bikin Orang Keracunan, Netizen: Jangan Asal Campur Zat Pembersih

Fatal! Video Hoax TikTok Ini Ternyata Bisa Bikin Orang Keracunan, Netizen: Jangan Asal Campur Zat Pembersih

Viral Video Zat Klorin Bisa Bikin Manusia Keracunan-EPA-Istimewa

JAKARTA, FIN.CO.ID – Viral adanya kisah dari seorang wanita yang menceritakan bahwa ibunya mengalami keracunan akibat menggunakan zat klorin.

Kisah tersebut dibagikan oleh seorang wanita pengguna akun Twitter bernama Sasha Arina (@gal__el) pada Minggu (23/1/2022).

Wanita itu mengatakan ibunya telah mengalami keracunan setelah mengikuti video tutorial “langkah mudah” dalam membersihkan barang-barang dengan menggunakan zat pembersih.

“Nyokap gua barusan kena keracunan klorin karena "cleaning lifehack" berikut yg rame dishare di Whatsapp, tolong kasitau ke orang tua yg main WA untuk JANGAN ASAL CAMPUR ZAT PEMBERSIH!!!,” cuit akun @gal__el.

(BACA JUGA:Geger! Video Pilot Bule Marah di Papua Mendadak Viral, Warganet Malah Puji Aksinya?)

(BACA JUGA:Geisz Chalifah Bilang Giring dan PSI Numpang Tenar di Anies Baswedan)

Dalam video yang berasal dari TikTok itu, terlihat adanya sebuah gayung berwarna kuning, tetapi kondisinya sangatlah kotor.

Setelah gayung tersebut dicampurkan dengan zat klorin, seketika saja kotoran yang menempel di gayung tersebut langsung memudar.

Akan tetapi ternyata langah tersebut dikatakan tidak benar dan justru bisa memicu seseorang mengalami keracunan.

“Dalam kasus ini yang dicampur adalah asam sitrat (citric acid) dan b*yclin (bleach/pemutih) yang dapat bereaksi menghasilkan gas klorin (Cl2) yang SANGAT BERACUN,” tulis wanita itu lebih lanjut.

(BACA JUGA:Ngeri! Tokoh Dayak Kalimantan Ngotot Minta Polisi Tangkap Edy Mulyadi, Video Pedang Terbangnya Bikin Merinding)

(BACA JUGA:Geledah Kantor Dinas di Buru Selatan, KPK Amankan Dokumen dan Barang Elektronik)

Dijelaskan juga bahwa gas klorin sudah dipakai untuk senjata kimia sejak zaman Perang Dunia pertama.

Maka dari itu sang wanita mengimbau bahwa dengan menggunakan zat klorin justru sangat berbahaya, terlebih jika seseorang menghirup baunya.

“Jadi beneran lethal ya temen2, kalo menghirup cukup lama dan gak cepet ditangani bisa sangat berbahaya, bahkan mengakibatkan kematian,” ucapnya.

Ibu dari wanita itu mengalami keracunan yang dampaknya cukup parah setelah menghrup gas atau zat klorin.

(BACA JUGA:Salah Sasaran! Warga Keroyok Kakek Hingga Tewas Usai Dituduh Mencuri Mobil, Polisi Buru Pelaku Penghasutan)

(BACA JUGA:Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kebijakan Erick Thohir Dorong Kesejahteraan UMKM )

Beruntung, ibunya masih bisa terselamatkan karena setelah muncul gas ternyata sang ibu langsung bergegas pergi dari ruangan tersebut.

Meski begitu, ibunya tetap merasakan dampak negatif dari munculnya gas klorin tersebut.

Dikatakan oleh wanita itu bahwa sang ibi mengalami sakit tenggorokan, mual, dan juga merasakan pusing.

“Untungnya nyokap gua lgsg bad feeling begitu keluar gas yg nyegrak bgt dan beliau langsung lari keluar, tp bahkan eksposur cuma berapa detik aja sampe skrg beliau masih sakit tenggorokan, mual, dan pusing. Gak kebayang kalo gak lgsg keluar ruangan gimana,” tuturnya.

(BACA JUGA:Semakin Banyak Orang Malas Bercinta, Ini Penyebabnya)

(BACA JUGA:Kakek Meninggal Dihakimi Massa Usai Dituduh Mencuri Mobil, Netizen: Ternyata Benar Fitnah Lebih Kejam dari Pembunuhan!)

Wanita itu juga mengaku telah menyesal tidak memberitahu secara detail mengenai bahaya dari zat klorin bagi kesehatan tubuh manusia.

Seharusnya dia memberitahu bahwa zat klorin tidak diperbolehkan untuk dicampur dengan zat lain agar tidak memicu bahaya berlebih.

“Gua juga g****k pdhl nyokap sempet nanya gua citric acid apaan, gua jawab aja asam sitrat, kenapa gak sekalian bilang "jgn dicampur apa2 ya bisa bikin gas beracun" padahal kan gua tau!!!!!!! T****l,” paparnya.

Terakhir, wanita itu memberikan imbauan agar siapa pun tidak melakukan apa yang ibunya lakukan karena jelas bisa membahayakan nyawa manusia.

(BACA JUGA:Uang Beredar Capai Rp7.867,1 Triliun pada Desember 2021)

(BACA JUGA:Doddy Sudrajat Makin 'Berulah', Haji Faisal Ngaku Sakit Hati dan Sedih: Itu Menyakitkan Buat Saya)

“Anyway jgn ulangin ket***lan gua dan tolong kontrol apa yg dilihat dan dishare orang tua di WA. Skrg harus kita anak yg ngawasin aktivitas internet ortu,” imbau wanita itu.

“For some reason boomers like to take everything shared on their WA group at face value, but never f***ing Google everything,” tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Risto Risa

Tentang Penulis

Sumber: