Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kebijakan Erick Thohir Dorong Kesejahteraan UMKM

Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kebijakan Erick Thohir Dorong Kesejahteraan UMKM

Menteri BUMN Erick Thohir--Istimewa

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi kebijiakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang memberikan perhatian lebih pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Aktivis PP Pemuda Muhammadiyah, Zaedi Basiturrozak menilai BUMN dibawah komando Erick Thohir terlihat lebih progresif dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat di berbagai daerah. 

Khususnya mendorong peningkatan kualitas produk lokal unggulan agar naik kelas. Pada sektor ini, BUMN juga mendukung dari sisi pembinaan hingga permodalan.

"Kami memahami betul, selama dua tahun terakhir, badai pandemi menghantam semua lini kehidupan masyarakat. Kemudian ada pergeseran aktivitas perekonomian akibat pandemi,"  terang Zaedi kepada wartawan, Senin 24 Januari 2022.

Kata dia, memasuki tahun 2022, Erick Thohir terlihat memiliki niat yang baik untuk menggarap sektor UMKM.

"Pembinaan UMKM harus terus dilakukan, banyak sekali produk lokal unggulan yang memerlukan pendampingan," katanya. 

Dari sisi permodalan, sebutnya, Muhammadiyah mendengarErick Thohir sudah memerintahkan Bank Himbara untuk memberikan kemudahan akses bagi pelaku usaha kecil.

Menurutnya, UMKM menjadi sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. 

Dimana usaha masyarakat yang sebelumnya sudah berjalan tiba-tiba terhenti karena hasil produknya tidak terjual. 

Pandemi, kata dia, memberikan dampak yang begitu besar bagi tatanan hidup masyarakat. 

Dampak itu begitu terasa bagi pelaku UMKM, karena ada pembatasan jam operasional di masyarakat terutama pada sektor ekonomi sehingga mempersempit pergerakan para pelaku UMKM.

Karena itu pula, ia mendorong Menteri BUMN terus mendengarkan langsung keluhan pelaku usaha mikro dan kecil di daerah. 

Khususnya mengenai upaya Menteri Erick dalam mendorong Bank Himbara melakukan pendampingan UMKM dari sisi permodalan atau pembiayaan dan terus mendorong inovasi dari sisi penjualan.

"Tidak sulit bagi Menteri BUMN mengembangkan sektor UMKM. Apalagi sekarang juga ada Holding BUMN Ultra Mikro (UMi) yang dibentuk khusus mendampingi pembiayaan UMKM, khususnya usaha mikro," jelas Zaedi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Nama

Tentang Penulis

Sumber: