5 Jenis Makanan Ini Mengandung Purin, Penderita Asam Urat Dilarang Keras Mengonsumsinya

5 Jenis Makanan Ini Mengandung Purin, Penderita Asam Urat Dilarang Keras Mengonsumsinya

5 Jenis Makanan Ini Mengandung Purin, Penderita Asam Urat Dilarang Keras Mengonsumsinya--Pixabay/cattalin

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penyakit asam urat tentunya bisa membuat persendian nyeri. Terkadang, rasa nyeri tersebut disertai dengan bengkak, kemerahan, dan sensasi hangat di bagian sendi yang terdampak.

Salah satu penyebab yang membuat asam urat tinggi yakni sering konsumsi makanan mengandung purin. 

Namun jangan khawatir, penderita asam urat cukup menghindari 5 makanan ini

(BACA JUGA:Anda Sering Kebelet Belakangan Ini? Jangan Diabaikan)

Dikutip dari PMJ News, berikut beberapa jenis makanan pantangan asam urat yang harus dibatasi konsumsinya atau sebisa mungkin dihindari.

1. Jeroan

Penderita asam urat disarankan untuk menghindari konsumsi jeroan, seperti hati, babat, usus, dan organ bagian dalam hewan lainnya. Jenis makanan tersebut diketahui memiliki kandungan purin tertinggi.

(BACA JUGA:Tensi Selalu Tinggi saat Dicek? Ini Penyebabnya)

2. Makanan Laut atau Seafood

Bila Anda menderita asam urat, dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan laut mulai dari sekarang sebab makanan tersebut kaya akan purin.

Beberapa jenis makanan laut yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat tinggi adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, tuna, kembung, tiram, udang, lobster, atau kepiting.

(BACA JUGA:Kabar Baik! Varian Omicron Ternyata Tidak Terlalu Berbahaya, Bahkan untuk Orang yang Belum Divaksin Covid-19)

3. Sayuran

Beberapa sayuran memiliki kadar purin tinggi di antaranya bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Aulia Nur

Tentang Penulis

Sumber: pmj news