Ingat! 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Suntik Vaksin Booster, Jangan Sampai Dilanggar Loh

Ingat! 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Suntik Vaksin Booster, Jangan Sampai Dilanggar Loh

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Suntik Vaksin Booster--Pixabay/AVAKAphoto

JAKARTA, FIN.CO.ID - Pemerintah kini sudah mulai mengebut pemberian vaksin dosis ketiga atau booster mulai sejak 12 Januari 2022.

Kabarnya sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas Lansia dan penderita imunokompromais.

Tak hanya itu syarat mendapatkan booster juga harus sudah vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali.

(BACA JUGA:Catat! 5 Cara Ini Bisa Atasi Stres, Salah Satunya Tidur yang Cukup)

“Vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya,” kata Menkes Budi, dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id 

Dikutip dari PMJ NEWS, berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum menerima vaksin booster.

1. Jangan Minum Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Pasalnya, alkohol dapat mengganggu kerja imun sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh.

(BACA JUGA:Cara minum Kopi yang Aman jika Punya Darah Tinggi)

2. Jangan Stres

Stres sangat berpengaruh lho pada kerja imun. Terlebih, stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.

3. Makan Makanan Sehat

Vaksin tidak bekerja secara instan. Maka itu, mengkonsumsi makanan bergizi dapat memengaruhi potensi efektivitas kerja vaksin pada tubuh. Usahakan untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral sebelum menerima suntik vaksin.

4. Tidur Cukup

Sumber: pmj news