Survei Capres 2024, Salah Pilih Pasangan Bisa Terjun Bebas

Survei Capres 2024, Salah Pilih Pasangan Bisa Terjun Bebas

Ilustrasi surat suara. -dok fin-fin.co.id

JAKARTA,fin.co.id - Survei CIR dan Datasight Indonesia menanyakan kepada responden, nama-nama tokoh yang layak menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. 

Selanjutnya dari nama-nama tersebut dibuat beberapa simulasi pasangan calon, berdasarkan ideologi dan latar belakang dukungan sosial politik masing-masing tokoh. 

Hasil surveinya, ternyata menunjukan perubahan elektabilitas yang beragam.

(BACA JUGA:Survei Terbaru Calon Presiden 2024, Prabowo Beda Tipis dengan Ganjar dan Anies )

Direktur Datasight Indonesia Radhiatmoko menerangkan, partai dan tokoh yang ingin maju sebagai capres 2024 harus memperhatikan latar belakang ideologi politik pasangannya. 

"Karena kalau salah memilih, maka elektabilitasnya bisa terjun bebas,” kata Radhiatmoko lewat keterangan resmi, Kamis, 13 Januari 2022.

Sebelumnya, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih menempati posisi teratas, untuk menjadi calon presiden pada 2024 mendatang. 

(BACA JUGA:Wacana Pemilu 2024 Ditunda, Dosen: Alasan yang Mengada-ada)

Hal ini terungkap dalam survei nasional yang dilakukan Center for Indonesian Reform (CIR) dengan Datasight Indonesia.

Berdasarkan hasil survei kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden masih lebih tinggi. 

Jika dibandingkan dengan elektabilitas tokoh lain seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono dan Puan Maharani. 

Tapi, elektabilitas Prabowo berubah begitu disandingkan dengan tokoh lain dari beberapa latar belakang ideologi. (khf/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lut

Tentang Penulis

Sumber: