Infografis: Faktor Keselamatan, Desak Tinjau Ulang Pilkada 2020

Infografis: Faktor Keselamatan, Desak Tinjau Ulang Pilkada 2020

JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) memberikan sejumlah catatan pasca pendaftaran bakal calon yang berlangsung selama tiga hari di seluruh daerah. Catatan ini berdasarkan perkembangan situasi saat ini.

• EVALUASI SEGERA:

Mendorong pemerintah, DPR, dan KPU segera bertemu sekaligus mengevauasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan di dalam pelaksanaan pilkada, khususnya dalam masa pendaftaran pasangan calon yang baru saja berlalu.

• PASTIKAN KESELAMATAN:

Mendorong pemerintah melalui aparatnya, dan seluruh jajaran pemerintah, untuk memastikan bersama KPU dan Bawaslu, agar protokol kesehatan dipenuhi di dalam pelaksanaa Pilkada 2020.

• JANGAN SALING LEMPAR TANGGUNGJAWAB:

Mendorong kepada Pemerintah, DPR, dan Penyelenggara Pemilu untuk tidak saling lempar tanggungjawab dalam menjelaskan kepada publik. Mesti mengambil tanggungjawab atas dijalankannya pilkada ditengah pandemi;

• TUNDA PILKADA:

Jika pemerintah, KPU, dan DPR tidak dapat memastikan protokol kesehatan akan dipenuhi secara ketat, Kami mendesak agar tahapan Pilkada 2020 ditunda terlebih dahulu, sehingga pelaksanaan pilkada tidak menjadi titik baru penyebaran Covid-19.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: