Faskes Wajib Daftar Aplikasi Pcare

Faskes Wajib Daftar Aplikasi Pcare

JAKARTA - Program vaksinasi nasional akan dimulai pada 13 Januari 2021 mendatang. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan pihaknya akan bekerja keras agar pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di seluruh Indonesia dapat selesai dalam satu tahun. “Presiden memberikan tantangan apakah bisa dipercepat. Tentu kami akan berusaha keras. Karena itu, Kemenkes butuh dukungan dari seluruh pihak untuk melakukan tugas ini,” kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (6/1).

BACA JUGA: Ruben Onsu Bagikan Foto Terbaru Betrand Peto, Netizen: Kesetrum Yah

Dia awalnya merencanakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk 181 juta rakyat Indonesia akan selesai selama 15 bulan. Angka 181 juta rakyat yang akan divaskin merupakan kriteria untuk mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity) di Indonesia. Saat ini, vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac Biotech, sudah didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. Budi mengingatkan seluruh puskesmas, rumah sakit dan klinik di Indonesia untuk segera mendaftar ke aplikasi Pcare milik BPJS Kesehatan guna melaksanakan vaksinasi COVID-19. “Karena kalau belum mendaftarkan, akan sulit bagi mereka untuk bisa melayani vaksinasi. Terutama untuk mencatat dan menangani kalau ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI),” imbuhnya.

BACA JUGA: Kemendikbud Sebut SKB 4 Menteri Soal Pembelajaran Tatap Muka Sudah Tepat

Selain itu, Budi meminta Puskesmas, yang kekurangan lemari pendingin untuk menyimpan vaksin, untuk segera menghubungi dinas kesehatan setempat. “Tolong kontak Kementerian Kesehatan. Kalau perlu juga bisa dikirimkan ke Twitter dan Instagram atau Facebook saya supaya cepat kami bisa cepat tangani,” jelasnya. Menurut rencana, vaksinasi tahap pertama terhadap 1,6 juta tenaga kesehatan akan selesai di Januari atau Februari 2021. Tahapan selanjutnya vaksinasi kepada 17,4 juta tenaga layanan publik, dan 21,5 juta rakyat Indonesia yang berusia lanjut.

BACA JUGA: Tingkatkan Pariwisata, Penataan Kawasan Pusaka Benteng Pendem Dimulai

“Tahapan berikutnya yang lebih besar. Yaitu tahapan untuk 17,4 juta tenaga layanan publik dan 21,5 juta rakyat dengan usia lanjut. Kami harapkan bisa dimulai di Maret atau April 2021. Kami minta tolong seluruh klinik dan puskesmas untuk segera mendaftarkan Pcare-nya BPJS," ucap Budi. Untuk masyarakat, lanjut Budi, tetap diminta selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Menurutnya, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) tidak boleh dilupakan. "Seluruh elemen masyarakat wajib mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Tidak boleh lengah. Ini penting untuk mencegah terjadinya penularan," tandas Budi.(rh/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: