Kesehatan

Kenali Tanda-Tanda Pencernaan Anak yang Sehat dan Kapan Harus ke Dokter

fin.co.id - 2024-05-25 14:09:47 WIB

Anak Bayi

FIN.CO.ID- Kesehatan pencernaan anak merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui.

Namun, tak jarang bahwa anak kerap mengalami gangguan kesehatan, mulai dari diare hingga muntah.

Dokter spesialis anak-konsultan gastrohepatologi Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K), Subsp. G.H mengungkapkan bahwa masalah pencernaan di tahun-tahun pertama anak kerap terjadi.

Hal ini karena saluran pencernaan anak memang belum matang sempurna. 

BACA JUGA:

"Itu bagian dari pematangan saluran cerna. Semakin dewasa dan bertambahnya umur, semakin berkurang (gejala gangguan pencernaan)," ujarnya pada media gathering Bebelac Digestive Week di Kota Kasablanka Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024.

Gangguan pada sistem pencernaan ini membuat anak menunjukkan sejumlah gejala, seperti polip, nangis terus menerus, hingga tantrum.

Sebaliknya, ia menjelaskan tanda-tanda kondisi pencernaan dalam kondisi sehat.

"Pertama, tanda saluran cerna sehat itu kalau pergerakan usus teratur, ditandai dengan buang air besar teratur," tuturnya.

Dijelaskannya, buang air besar sehari 1-2 kali.

"Ada juga yang dua kali sehari, namun masih bisa ditolerir. Tapi kalau sudah 3 hari sekali itu sudah sembelit atau konstipasi," imbuhnya.

Frieda menyebut bahwa konstipasi menjadi indikasi apakah tubuh mendapatkan asupan air serta serat dan prebiotik dari buah dan sayur secara cukup.

"Aktivitas fisiknya sudah memenuhi berapa jam sehari sesuai usia, kualitas tidurnya bagaimana, dan stresnya," lanjut Frieda.

Frieda mengungkapkan bahwa hal ini mempengaruhi mikrobiota usus. 

BACA JUGA:

Admin
Penulis