News

Tampang Oknum Anggota Densus 88 Penguntit Jampidsus Kejagung Febrie

fin.co.id - 2024-05-25 11:52:11 WIB

Bripda Iqbal Mustofa (IM).

FIN.CO.ID - Seorang oknum anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dikabarkan ditangkap di salah satu restauran di Cipete, Jakarta Selatan. Oknum Densus 88 itu ditangkap ketika membuntuti Jaksa Agung Mudan bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) Febrie Adriansyah, Minggu 19 Mei 2024 yang sebelumnya ditulis Kamis 23 Mei 2024.

BACA JUGA:

Belum diketahui motif oknum Densus 88 itu memata-matai Febrie. Kejadian itu saat Febrie sedang makan malam di sebuat restauran makanan ala Prancis akhir pekan lalu sekitar pukul 20.00 WIB atau 21.00 WIB, Minggu 19 Mei 2024. Saat makan malam itu, Febrie ditemani oleh satu ajudan dan motor patwal Polisi Militer TNI.

Belakangan ini Febrie memang dikawal oleh Polisi Militer TNI dan bantuan pengamanan dari Jaksa Agung Muda bidang Pidana Militer (Jampidmil). Pengawalan itu bukan tanpa sebab. Karena, Febrie tengah menangani mega korupsi.

Saat ini Jampidsus Kejagung tengah menangani sejumlah kasus dugaan korupsi yang besar. Salah satunya yakni soal pengelolaan tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Bahkan, hingga saat ini penyidik Jampidsus Kejagung telah menetapkan 21 orang menjadi tersangka dalam kasus ini. Tidak sampai di situ, Jampidsus Kejagung juga terus memburu tersangka baru dalam kasus ini.

Pada Senin 20 Mei 2024, Kejagung juga memeriksa enam orang saksi. Mereka yakni SDH selaku Staf Khusus Direktur Utama PT Timah Tbk tahun 2019-2020, TDH selaku Direktur Utama PT Ekspress Transportasi Antarbenua, MWM selaku komisaris independen, dan MZ selaku Kepala Kantor Cabang PT Bank Mandiri Tbk Koba. Kemudian, FF dan AM yang merupakan pihak swasta.

--

Meski demikian, tidak hanya kasus komoditas timah yang tengah ditangani oleh Jampidsus Kejagung. Tetapi ada juga kasus Jalur Kereta Api di Sumatera Utara, Impor Gula Kemendag, dan PT SMIP. Kemudian, Asuransi Jiwasraya dan Crazy Rich Surabaya versus Antam.

Identitas anggota Densus 88 yang ditangkap saat menguntit Febrie adalah Iqbal Mustofa berpangkat Bripda. Dia merupakan lelaki kelahiran Kota Tegal, 29 Juni 1999. Alamatnya: Jalan Ir. Juanda GG, Magetan, No. 2, Kalinyamat Wetan, Tegal Selatan.

Saat ditangkap, Iqbal memiliki kartu identitas sebagai karyawan BUMN Telkom dengan nama samaran Raka Maheswara.

BACA JUGA:

Admin
Penulis