Ahok Bilang Harusnya Gaji Ideal Warga Jakarta Minimal Rp 5 Juta hingga 15 Juta

 Ahok Bilang Harusnya Gaji Ideal Warga Jakarta Minimal Rp 5 Juta hingga 15 Juta

Mantan Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.-Screenshot YouTube/Panggil Saya BTP-

FIN.CO.ID- Mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, seharusnya upah minimum di Kota Jakarta minimal Rp5 juta hingga maksimal Rp15 juta

“Kita harus menjamin, setiap keluarga di Jakarta punya kemampuan keuangan minimal Rp5 juta. Ideal tinggal di Jakarta itu minimal Rp5 sampai Rp10 juta. Rp15 juta lebih bagus,” kata Ahok dikutip dari YouTube Panggil Saya BTP, Jumat, 10 Mei 2024.

Ahok menyarankan hal itu karena menurutnya, pendapatan Kota Jakarta ke depannya akan makin besar.

BACA JUGA:

"Nah dengan adanya (angka) keuangan seperti ini pemerintahlah yang harus mengadministrasikan keadilan sosial," ujar Ahok.

Sementara itu, lanjut Ahok, bagi penduduk yang tidak memiliki pekerjaan maka Pemprov DKI bisa membuka pelatihan pekerjaan kepada warga yang menganggur.

"Ada pasukan yang memperbaiki rumah, misalnya, kita latih punya sertifikat ngecat, sertifikat pasang keramik, sertifikat pasang atap baja, pasang bata. Ini akan membuka kesempatan," ucap Ahok.

Dengan begitu, Ahok yakin masyarakat di Jakarta lebih berpeluang mendapatkan pekerjaan yang layak. Ia menilai, Jakarta dan kota-kota besar lainnya membutuhkan banyak tenaga ahli untuk pemeliharaan mesin, listrik, hingga pipa.

BACA JUGA:

"Nah, dari mana untuk melatihnya, di situlah fungsi pemerintah melatih, memberi sertifikat kepada mereka. Tapi yang terutama menjamin kemampuan keuangan minimal Rp 5 juta. Jadi antara range Rp 5 juta sampai Rp 10 juta, sampai Rp 15 juta lebih baik," katanya.

Ia mengaku siap memberikan penjelasan lengkap bagaimana cara mewujudkan pendapatan tiap keluarga minimal Rp5 juta. Jika hal itu ingin dijalankan.

“Bagaimana caranya? Itu fungsi pemerintah orang tinggal mendaftar,” jelasnya.

“Nanti tekniknya saya jelaskan, kalau Anda mau jalankan itu nanti saya kasi tahu bagaimana. Tapi minimal penghasilan keluarga di Jakarta Rp5 juta. Itu yang harus dilakukan,” tandasnya. (Anisha Aprilia). 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: