BPH Migas Ajak Gen Z Kawal Pendistribusian BBM Subsidi Agar Tepat Sasaran

BPH Migas Ajak Gen Z Kawal Pendistribusian BBM Subsidi Agar Tepat Sasaran

BBM Pertalite kosong di sejumlah SPBU--Bengkulu Ekspress

FIN.CO.ID - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengajak Generasi Z untuk turut aktif mengawasi dan mensosialisasikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi agar tepat sasaran. Genz diharapkan jadi garda terdepan dalam mengawasi penyaluran BBM subsidi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPH Migas Erika Retnowati kepada wartawan di Jakarta, Jumat 10 Mei 2024. Dia mengatakan, BBM bersubsidi itu ada uang negara yang harus didistribusikan kepada warga yang berhak.

BACA JUGA:

"Teman-teman Generasi Z ini bisa membantu menyuarakan bahwa BBM subsidi hanya diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu dan konsumen tertentu lainnya, sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Tak hanya itu, kata dia, anak muda juga dapat membantu mengawasi pendistribusian BBM subsidi. Mengingat, kata dia, hingga saat ini masih ada pihak-pihak yang menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi.

“Kalau misalnya teman-teman melihat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ada orang yang bolak-balik mengisi BBM subsidi untuk kendaraan, kemungkinan itu dijual lagi ke pihak lain, tidak digunakan sendiri. Padahal, BBM bersubsidi itu tidak boleh diperjualbelikan. Untuk itu, silakan dilaporkan ke helpdesk BPH Migas di nomor 081230000136,” seru Erika.  

Upaya lainnya yang dapat dilakukan generasi muda adalah membuat konten-konten positif. Misalnya, kata dia, mengenai BBM subsidi dan konsumen yang berhak menerimanya seperti transportasi darat, usaha pertanian, usaha perikanan, layanan umum, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta menyebarluaskannya melalui saluran media sosial.

“Generasi muda saat ini akrab dengan media sosial. Bisa juga membuat konten-konten positif tentang aturan BPH Migas atau BBM bersubsidi. Itu akan sangat membantu kami menjalankan tugas dan fungsi agar BBM subsidi ini hanya dinikmati oleh mereka yang memang berhak,” kata Erika.

Dalam melakukan pengawasan pendistribusian BBM bersubsidi, kata dia, BPH Migas bekerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti Aparat Penegak Hukum (APH), pemerintah daerah, serta kementerian atau lembaga terkait. Dengan adanya dukungan dari generasi muda, diharapkan tujuan pemberian subsidi untuk meningkatkan daya beli masyarakat dapat terwujud.

BACA JUGA:

(Sabrina Hutajulu)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: