Pabrik Sepatu Bata Tutup, Begini Kata Presiden Jokowi

Pabrik Sepatu Bata Tutup, Begini Kata Presiden Jokowi

Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan. -FIN/Antara-

FIN.CO.ID- Presiden Jokowi buka suara terkait tutupnya pabrik sepatu, Bata di Purwakarta. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan tidak mampu bersaing dengan produk lannya. 

Akibatnya, kondisi tersebut mempengaruhi penurunan pendapatan yang berujung pada efisiensi.

"Ya ini kalau masalah ada pabrik yang tutup, sebuah usaha itu naik turun karena kondisi, mungkin karena efisiensi, kalah bersaing dengan barang-barang baru. Banyak hal," kata Jokowi di Balai Besar Pengu jian Perangkat Telekomunikasi, Depok, Jawa Barat, Selasa, 7 Mei 2024.

BACA JUGA:

Presiden menekankan bahwa tutupnya pabrik perusahaan dalam negeri bernama PT Sepatu Bata Tbk itu tidak menggambarkan kondisi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Sebab, kata Jokowi, secara umum, kondisi ekonomi makro Indonesia berada dalam keadaan baik. Di kuartal I tahun 2024, ekonomi mampu tumbuh 5,11 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Ini menumbuhkan sebuah optimisme. Bahwa negara-negara lain, negara-negara besar, satu, dua, tiga, sudah masuk ke jurang resesi, negara lain juga turun growth-nya, tapi kita mampu terus naik 5,11 persen," imbuhnya.

Seperti diketahui, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mengumumkan untuk menutup pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. 

BACA JUGA:

Penghentian produksi pabrik sepatu itu telah diumumkan melalui keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 2 Mei 2024.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Purwakarta Didi Garnadi dalam kesempatan terpisah mengatakan gegara sepi order, PT Sepatu Bata melakukan PHK para karyawannya secara bertahap. Jumlah karyawan yang terkena PHK sebanyak 233 orang. (Anisha Aprilia). 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: