Ekonomi

Keren! Program Pamsimas Kementerian PUPR Jadi Contoh Penyediaan Infrastruktur Berbasis Komunitas yang Berhasil

fin.co.id - 2024-05-23 16:19:36 WIB

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja

FIN.CO.ID - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) diakui oleh World Bank sebagai salah satu contoh penyediaan infrastruktur berbasis komunitas masyarakat yang berhasil dan layak untuk diduplikasi di negara-negara lain yang memiliki permasalahan dengan penyediaan air minum bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja, di sela-sela event World Water Forum ke-10, di BNDCC 1 Bali, Kamis 23 Mei 2024.

Menurut Endra, program Pamsimas sendiri bukan hal baru di Kementerian PUPR. Ada pula program serupa terkait penyediaan air minum seperti Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan lainnya yang sudah berjalan. Ia memastikan, program Pamsimas tersebut akan terus dijalankan, meski dukungan pembiayaan dari World Bank telah berakhir.

"Dengan program Pamsimas, Sanimas dan Kotaku, ini diakui oleh World Bank, oleh AIA, menjadi salah satu project yang berhasil di dunia, sebagai contoh penyediaan infrastruktur berbasis komunitas yang berhasil," ujar Endra.

Bahkan, lanjut Endra, dalam launching buku Water For Shared Prosperity yang dilakukan World Bank, program Pamsimas dan Sanimas itu masuk di dalam salah satu showcase Indonesia kepada dunia.

"Jadi ini salah satu contoh bagaimana delivery air berbasis komunitas itu diakui sebagai sebuah keberhasilan Indonesia, bisa dipraktekkan di dunia," ungkap Endra.

Endra menambahkan, program Pamsimas maupun Sanimas merupakan sebuah model yang dapat direplikasi dan dikembangkan sebagai solusi dari persoalan manajemen air, yang bahkan ketika bantuan dari World Bank sendiri sudahberhenti, hal ini dapat dilakukan oleh pemerintah daerah, dalam kaitannya untuk memenuhi kebutuhan air minum di wilayahnya masing-masing. (Sigit Nugroho)

Admin
Penulis